Fungsi dan Macam macam Sistem Operasi Komputer Dan Smartphone

Fungsi dan Macam Macam Sistem Operasi - Bagi yang sudah lama bergelut dalam dunia IT dan komputer pasti sudah tidak asing lagi dengan  yang namanya Sistem Operasi (Opertaing System), namun mungkin akan terasa asing bagi belum begitu mengenalnya.

Fungsi Macam Macam Sistem Operasi

Sistem Operasi adalah penghubung antara Pengguna (Brainware) > Perangkat lunak (Software) > Perangkat Keras (Hardware) agar dapat berkomunikasi dengan baik, sistem operasi juga lah yang mengatur sumber daya dari perangkat keras dan perangkat lunak tanpa adanya Sistem Operasi software dan Hardware pun tidak akan ada fungsinya.

Sistem Operasi Menurut Wikipedia

Sistem operasi adalah perangkat lunak sistem yang mengatur sumber daya dari perangkat keras dan perangkat lunak, serta sebagai jurik untuk program komputer. Tanpa sistem operasi, pengguna tidak dapat menjalankan program aplikasi pada komputer mereka, kecuali program booting. Wikipedia

Fungsi Sistem Operasi Pada Komputer dan Smartphone

Seperti yang sudah dijelaskan Bahwa Sistem Operasi mempunyai peranan yang sangat penting dan diantara banyak fungsinya adalah.

  • Sebagai Interface Pengguna
Dengan Adanya Sistem Operasi  pengguna dapat berinteraksi dan memudahkan menjalankan aplikasi yang ada di komputer atau Smartphone, dengan adanya sistem operasi juga tampilan layar jadi lebih menarik.

Selain itu Sistem Operasi juga mempunyai tugas sebagai penerjemah bahasa pemrograman yang berasal  dari CPU (Central Processing Unit) ke dalam bentuk Grafis, teks atau sebagainya sehingga mudah dibaca oleh pengguna.
 
  •  Menjalankan Sistem Dasar
Selain Sebagai Interface atau tampilan fungsi utama dari sebuah sistem operasi adalah menjalankan atau mengatur kinerja baik itu pengguanaan memori, pemrosesan data, penyimpanan dan berbagai macam fungsi dasar lainya.

Jika sistem operasi tidak berjalan dengan baik maka dapat dipastikan semua program yang berada didalamnya pun tidak akan berfungsi, dan akan sangat fatal bila sampai tidak berjalan dengan baik.
  •  Mengatur Kinerja Perangkat
Seperti yang sudah dijelaskan pada poin sebelumnya bahwa semua program atau perangkat yang berada didalam akan diatur oleh sebuah Sistem Operasi, sistem operasi akan mengatur semua program agar berjalan dengan sesuai dan berurutan oleh karena itulah sistem operasi akan mengatur semua fungsi agar tidak terjadi kerusakan jika terjadi error yang akan mengakibatkan down.

Dan masih banyak lagi fungsi yang dijalankan oleh Sebuah Sistem Operasi sangat penting memang kerja dan fungsi dari Sistem Operasi ini, berikut ini adalah daftar atau Macam Macam Sistem Operasi yang sudah beredar baik yang sudah populer digunakan maupun yang masih asing ditelinga kita.

Macam-macam Jenis Sistem Operasi

Ada banyak sekali jenis dan macam sistem operasi yang ada saat ini baik versi awal hingga turunannya, semua sistem operasi memiliki keunggulan dan kekuranganya masing-masing.

  • Sistem Operasi Windows
Sistem Operasi windows adalah OS berbasis GUI (Graphic User Interface) yang dikembangkan dan diproduksi Oleh perusahaan Raksasa Microsoft, Sistem Operasi windows awalnya dikembangkan hanya untuk Desktop dan laptop saja namun dengan seiring berkembangnya Smartphone/Ponsel windows juga merambah sistem Operasi mereka yang bernama Windows Phone.

Logo Windows 10

Sistem Operasi Pertama yang dikeluarkan dari Microsoft adalah MS. Dos yang hanya berupa sistem operasi berbasis Teks dengan penggunaan baris perintah, namun kemudian berevolusi menjadi Windows versi 1.0 dengan tampilan GUI-nya.

Windows 1.0 pertama kali diperkenalkan pada 10 Nopember 1983 namun baru mulai dipasarkan pada Nopember 1985, dan hingga kini sudah banyak sekali varian versi dari Sistem Operasi Windows ini hingga yang terakhir adalah versi Windows 10 yang diperkenalkan  pada  29 juli 2015.


  • Sistem Operasi Android
Mungkin nama Sistem Android ini sudah begitu sangat populer dan terkenal di masyarakat,  Android adalah Sistem Operasi yang berbasis Linux yang dirancang untuk kebutuhan sistem operasi pada Ponsel atau Smartphone dan Tablet. 

logo Sistem Operasi Android

Sistem Operasi Android ini awalnya dikembangkan Oleh Android inc dengan dukungan dana dari perusahaan internet Google dan pada akhirnya Google pun resmi membeli Android  tahun 2005 dan kemudian Rilis pada 2007.

Dan kini bisa dibilang Android sudah hampir menguasai Sistem Operasi pada Smartphone dan komputer tablet dan kini sudah banyak varian atau Urutan Tingakatan versi sistem Operasi Android ini mulai dari Android cupcake, Froyo, Donut, Eclair, Ginger Bread, Honeycomp, Ice Cream Sandwich, Jelly Bean, Lollipop, Marsmello, Nougat dan Android Oreo one.
  •  Sistem Operasi Mac Os (Macintosh Operating Sistem)
Sistem Operasi ini mungkin juga sudah tidak terlalu asing ditelinga kita, ya Sistem Operasi Mac Os adalah Sistem Operasi yang dibuat dan Dikembangkan oleh perusahaan Komputer Rakasasa Apple yang didirikan Oleh Steve Jobs dan Steve Wozniak.
Logo Apple

Sistem Operasi ini sudah Terpasang pada Komputer atau Laptop Macintosh yang biasa disebut Mac, Dan kini sudah banyak Versi sistem Operasi Mac Os ini Seperti, versi Lion 2011, Mountain Lion 2012, Mavericks 2013, Yosemitte 2014 dan El Capitan 2015 namun kini untuk versi terbaru dari sistem operasi ini diberi nama Mac OS X.

Sukses di Bidang Komputer dan Laptop Apple pun juga sukses di bidan Smartphone dan saat ini Iphone menjadi Smartphone yang Mewah dengan pengguna yang kelas menengah keatas.

Untuk Harga yang dipatok untuk Produk yang dikeluarkan oleh Apple  inipun terbilang mahal namun walaupun begitu Penggunanya saat ini cukup banyak.

  • Sistem Operasi Linux
Sistem Operasi Linux diperkenalkan oleh Linus Torvalds pada tahun 1991, Sistem Operasi Linux dikenal karena Sistem Operasinya yang Open Source atau Sumber terbuka yang artinya dapat dimodifikasi ulang dan bebas didistribusikan oleh siapa saja.
Logo Sistem Operasi Linux

Karena Open Source -nya itulah yang membuat saat ini Linux memiliki banyak sekali varian Distro Sistem Operasi, kebanyakan mereka yang memasang dan meggunakan Sistem Operasi Linux ini adalah mereka yang Paham dan ahli pada teknologi dibanding dengan pengguna Windows atau Mac Os.

Linux Identik digunakan Oleh para Hacker dan Geek dan biasanya penggunanya sendirilah yang meng-Konfigurasi semua sistem didalamnya, dan hingga kini sudah banyak sekali distro distro linux dan berikut beberapa Macam Distro Linux seperti, Ubuntu, debian, Kali Linux, Linux Mint, Backtrack, Red Hat, Open Suse, Fedora CentOs Dan untuk versi Lokal ada BlankOn  masih banyak lagi.

Mungkin cukup sampai disini pembahasan Mengani Pengertian dan Fungsi Sistem Operasi beserta macam-macamnya , sebenarnya jika dibahas satu per satu akan sangat panjang sekali pembahasannya dan perlu diketahui bahwa masih banyak lagi Sistem Operasi yang Lain yang masih belum tertulis pada Postingan kali ini, Mungkin lain kali Kami akan membahas satu persatu secara detail, sekian dan terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "Fungsi dan Macam macam Sistem Operasi Komputer Dan Smartphone"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel