8 Tips Aman Belanja Online atau di Internet, agar Terhindar dari penipuan

Tips Belanja di Internet atau toko Online - Dizaman yang sudah sangat canggih ini semua hal hampir bisa dilakukan dengan cara Online salah satunya adalah belanja online yang kini bisa dilakukan dengan sangat mudah yaitu hanya meng-klik layar pada Smartphone kita, mulai dari kebutuhan pribadi, rumah tangga, elektronik hingga keperluan lainya.

Tips dan Cara Aman Bebelanja Online

Hal ini dipengaruhi oleh tumbuh dengan pesatnya E-Commerce atau toko online yang berhasil meningkatkan daya beli masyarakat secara online, barang yang murah, bagus dan berkualitas sering menjadi andalan dari masing masing Toko Online.

Meski semua E-Commerce menjanjikan pengalaman dan pelayanan yang baik dan nyaman, berbelanja secara online tetap harus memperhatikan aspek keamanan dan kecermatan guna menghindari penipuan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab yang hanya akan membuat kita rugi.

Pasalnya sudah banyak sekali orang yang sudah menjadi korban penipuan pada saat mereka berbelanja secara online, Seperti Kondisi Barang tidak sesuai, Barang Rusak, hingga menyumbang uang secara percuma, tapi sebelum semua hal tidak diinginkan terjadi alangkah baiknya kita sebagai Smart Buyer memperhatikan dan Trik dan Tips Belanja Online agar belanja Online kita tetap menyenangkan marik kita simak ulasanya.

8 Tips dan Cara Aman Berbelanja Online di Internet atau Toko Online


  • Cek Situs Web Tempat Kita Belanja
Sebelum membeli dan bertransaksi tidak ada salah kita melakukan sedikit investigasi guna melihat rekam jejaknya, apalagi jika Toko online tersebut kurang begitu terkenal maka carilah lah pengecekan baik itu ulasan Testimoni Pembeli, jika dirasa kurang memuskan maka tinggal kan saja dan cari yang lain.

  • Perhatikan Kebijakan Situs tersebut pada Data diri kita
Satu hal yang tidak bisa kita anggap remeh begitu saja adalah tentang kebijakan dari situs web tersebut terhadap data diri kita, jangan sampai pengelolaan data diri kita diberikan  kepada pihak lain.

Baca juga tentang kebijakan pengembalian barang atau Return  karena barang tersebut rusak, cacat tertukar dan sebagainya, harus ada garansi atau jaminan jika barang yang kita terima tidak sesuai dengan keterangan, maka kita bisa mengembalikan barang tersebut dengan yang baru atau diganti dengan uang kembali.

  • Jangan Tergoda Barang Murah
Baran murah memang sering ditawarkan pada toko toko online, biasanyan mereka menawarkan dengan harga yang miring atau harga yang tidak masuk akal dengan barang lainya, Barang murah memang tidak selalu jelek dan tidak berkualitas namun kita juga harus tetap wasapada dengan Iming iming harga.

Cek kembali pelapak atau situs web yang hendak kita beli barangnya, hindari juga membuka Link atau promo yang sering muncul melalui email atau sms dari sumber yang tidak kita ketahui bisa itu berupa Spam atau Phising.

  • Pertimbangkan dengan Harga ditoko Online yang lain
Cara ini guna mengetahui harga yang berlaku pada Barang yang akan kita beli apakah sama dengan yang ada di toko online lain, lebih murah atau malah lebih mahal, pertimbangkan lah dengan baik.
 
  • Cek Pelapak pada Toko Online tersebut
Mengecek pelapak atau penjual pada toko online sangat perlu digunakan guna mengetahui Track Record-nya baik itu melalui testimoni pembeli, pemeriksaan alamat toko si penjual, Kontak dan lain lain.
  • Minta Recomendasi Teman 
Cara ini lumayan ampuh untuk mengetahui tentang pengalaman orang lain yang telah berbelanja atau bertransaksi pada situs web tersebut, mintalah pendapat agar kita mengetahui seberapa tingkat kepuasan mereka.
 
  • Pemilihan Cara Pembayaran
Biasanya Banyak metode pembayaran yang ditawarkan oleh para penyedia toko online baik seperti menggunakan kartu kredit, kartu debit, COD (Cas on Deliveri) dan lain lain. jika menggunakan kartu sangat direkomendasikan menggunakan kartu kredit karena kita bisa memiliki bukti pembayaran yang kuat.

Namun dengan banyak penipuan dan pencurian dengan kartu, kita juga bisa menggunakan metode COD perlu menjadi pilihan.

  • Simpan Bukti Pembayaran atau Transaksi
Menyimpan bukti pembayaran atau transaksi sangat penting dilakukan guna memperkuat data pembayaran kita bila sewaktu waktu diminta, simpan semua bukti transaksi tersebut baik yang melalui email, sms, gambar dan sebagainya.


Berbelanja Secara Online memang sangat membantu kita menemukan barang yang kita cari, dan sangat menyenangkan karena proses nya relatif cepat, maka dari itu sebagai Smart Buyer kita juga harus jeli dan cermat dalam bertransaksi, semoga 8 Tips dan Cara Aman Berbelanja Online di Internet atau Toko Online ini bisa membuat kita lebih cermat lagi, jika anda mempunyai tips dan cara tersendiri silahkan tulis dikomntar terimakasih.

Belum ada Komentar untuk "8 Tips Aman Belanja Online atau di Internet, agar Terhindar dari penipuan"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel