Tips dan Cara Mengatasi Malas Menulis Blog Terbukti Ampuh

Cara Mengatasi Malas Nulis Blog - Seorang blogger memang dituntut untuk selalu meng-update konten atau postingan pada blog milikinya, namun memang kadang rasa malas itu datang menghampiri yang menjadikan diri kita sulit sekali  untuk bergerak dan sebagainya.

Semua Orang pasti pernah merasakan hal tersebut , ada beberapa faktor yang menyebabkan seseorang malas menulis blog seperti adalah rasa bosan yang menyelinap karena blog yang diurusnya belum juga menunjukan hasil yang signifikan membaik sehingga munculah rasa malas yang dapat mengakibatkan terhambatnya proses blogging itu sendiri.

Selain karena faktor diatas masih banyak lagi sebab seseorang malas menulis blog atau ngeblog baik itu faktor internal atau ekternal, faktor internal yang seringkali membuat seseorang malas mengupdate blognya adalah misal, Rasa Bosan, Kondisi badan Kurang fit, Kehabisan Ide, Traffic blog menurun, Bad mood, dan lain sebagainya.

Sedangkan Faktor yang disebabkan karen faktor Eksternal meliputi, Sibuk mengurusi kegiatan diluar atau kegiatan Offline, cuaca yang tidak mendukung sehingga malas menulis, dan lainya sebagainya, dan pada kesempatan kali ini saya akan berbagi sedikit tentang bagaimana atau  Cara Mengatasi rasa Malas Menulis Blog.

Tips dan Cara Mengatasi Malas Menulis Blog  


Tips dan Cara Mengatasi Malas Menulis Blog

Berikut adalah cara atau tips yang sering saya lakukan untuk melawan rasa malas yang kadang menyelinap dan membuat tidak produktif dalam menulis blog, mari kita simak ulasanya berikut ini.

1. Membuat Aturan untuk diri Sendiri

Tips atau cara yang pertama adalah kita harus membuat pertauran kepada diri kita sendiri, Peraturan adalah bentuk kedisiplinan untuk mencapai suatu keberhasilan,  membuat peraturan untuk diri sendiri agar selalu rajin menulis dan mengupdate konten secara berkala akan membuat blog kita jauh lebih berkemabang daripada membiarkanya terbengkalai.

Menulis untuk blog pribadi memang bisa dilakukan kapan saja sesuka hati kita  berbeda dengan mereka yang menulis untuk Portal web berita yang mengharuskan para penulis rajin untuk menulis sebab jika tidak menulis mereka tidak akan mendapatkan gaji atau bahkan dipotong, maka dari itu seringkali seorang blogger akan sering merasa santai dan malas malasn karena tidak ada ikatan atau aturan yang terikat padanya.

Namun walaupun demikian seorang blogger haruslah tetap konsisten dan tidak bermalas malas seenaknya sendiri ini demi kebaikan diri kita sendiri, untuk itu perlulah dibuat sebuah peraturan pada diri sendiri untuk tetap menulis artikel seperti membuat aturan minimal menulis 2 artikel setiap harinya.


2. Buat Jadwal Waktu untuk Nge-Blog

Setelah membuat peraturan pada diri sendiri maka langkah berikutnya adalah membuat jadwal nge-Blog, Membuat Jadwal Menulis Blog dapat membuat kegiatan Blogging atau Nge-Blog kita jauh lebih Teratur dan terstruktur.

Manfaat membuat jadwal diantara agar kegiatan Bogging kita jauh lebih efisien hal lainya yang dapat kita peroleh adalah waktu yang kita gunakan jauh lebih bermanfaat karena sudah ada jadwal konten apa yang akan kita tulis duluan.

Rasanya akan sangat berat sekali untuk menepati Poin pertama dan kedua ini yaitu membuat aturan untuk diri sendiri dan juga membuat jadwal waktu ngeblog namun percayalah dengan melalakukan hal ini secara teratur atau konsisten maka secara perlahan rasa malas bosan dan sebagainya hilang dengan sendirinya.


3. Buat Target

Dalam membuat atau memulai sesuatu pasti kita semua membutuhkan yang namanya Target, termasuk dalam kegiatan Blogging ini dimana kita juga harus membuat sebuah target dan tujuan blog kita.

Dalam membuat sebuah target tak perlu kita mengincar sesuatu yang muluk-muluk cukup yang sedang-sedang saja sehingga sanggup kita kerjakan atau mampu, karena biasanya karena sebuah target yang terlalu besar malahan akan membuat kita tidak kuat atau kurang mampu untuk menepatinya dan hanya akan membuat kita menjadi tambah pusing.

Pertimbangkanlah dalam membuat target dengan tingkat kesibukan kita yang lainya, jangan sampai karena kita sedang mengejar target kita lalai atau lupa dengan kesibukanya offline lainya, Semisal bila kita tak bisa menulis 5 artikel perhari maka jangan paksakan untuk dijadikan sebuah target karena pastinya kita akan kehabisan ide atau lainya.

Dan dengan membuat target ini juga kita bisa membuat evaluasi tentang hal apa saja yang belum kita selesaikan atau kita Optimalkan dengan baik.


4. Menulis dengan Sesuai passion kita

Seorang Blogger kadang membuat tulisan atau artikel yang sama sekali tidak ia kuasai dan pahami hal ini disebabkan karena mereka terlalu fokus pada Keyword yang paling banyak dicari dalam Search engine dan sebagainya.

Melakukan segala sesuatu yang tidak sesuai dengan passion atau kemampuan kita tentu hanya akan membuat kita kewalahan dan pusing dibuatnya, berbeda dengan yang menulis sesuai dengan passion dan memaksimalkan  kemampuan yang ia miliki tentunya akan sangat menyenangkan bahkan mengasyikan.

Dan dengan menulis dengan tema atau materi yang kita kuasai tentu hasilnya pun berbeda yakni tulisanya jauh lebih enak untuk dibaca dan dipahami dan resiko memberikan Informasi yang salah pun dapat diminimalisir.


5. Mencari Inspirasi dan Motivasi

Dan cara atau Tips Menghilangkan rasa malas menulis Blog selanjutnya adalah dengan cara mencari Inspirasi atau Motivasi agar Mood, Ide dan Semangat kita balik lagi, mencari Inspirasi bisa dengan keluar dari rumah dan melihat pemandangan disekitar kita.

Atau juga bisa kita melihat atau membaca artikel motivasi para Senior Blogger yang sudah sukses , dan dari sanalah sehingga kita bisa mengambil Pesan atau didalamnya .


6. Menulis Ide atau Meteri pada Ponsel atau Buku Catatan

Ide memang sering datang ketika kita tidak sedang dalam kegiatan Blogging ,Ide seringnya datang ketika kita sedang dalam kegiatan yang lain sebagai contoh kita akan seringakali menemukan ide ketika berada diluar rumah maka untuk menjadikan ide tersebut sebagai artikel kita bisa menuliskanya pada Ponsel atau buku catatan kita sebelum Ide tersebut hilang.

Nah setelah Sudah memasuki jadwal Ngeblog tadi kita bisa menuliskan ide dan materi yang kita dapatkan tadi dan kita Publikasikan pada Blog kita dan saat ini sudah ada beberapa Software atau Aplikasi Android Blogging  yang dapat membantu kita menulis atau mencatat ide tersebut dan menpublikasinya pada Blog kita.

7.  Jangan Bermain Sosial Media

Meskipun tidak ada larangan bermain sosial media ketika Nge-Blog namun dengan kita mengurangi atau bahkan berhenti sejenak maka banyak waktu yang tidak terbuang sia sia hanya untuk melihat Status atau Chatingan dengan teman yang ada di sosial media.

Bermain Sosial media secara berlebihan dapat membuat kita bermalas malasan dan membunuh waktu berharga kita, Hal yang sudah terjadi bila sesorang kecanduan sosial media rasanya akan bosan dan hampa sekali hidupnya bila sehari saja tidak melihat apa yang terjadi pada akun sosial medianya.

Selain membunuh waktu berharga kita bermain sosial media juga tidak banyak memberikan manfaat pada kita dan justru akan menghambat atau menurunkan produktifitas kinerja kita .

Dan demikian itulah tadi pembahasan Tips dan Cara Mengatasi Malas Menulis Blog yang dapat kita terapkan pada kehidupan sehari hari guna tetap meningkatkan Produktifitas Nge-Blog kita walaupun dalam keadaan Malas atau Bosan. dan semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua janga lupa Share ya :)


Belum ada Komentar untuk "Tips dan Cara Mengatasi Malas Menulis Blog Terbukti Ampuh"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel