4 Tahun Mengenal Blog, Apa yang sudah saya Dapatkan darinya ?

apa yang sudah saya dapatkan dari blog
Menjadi Seorang Blogger itu kebanggaan -
Dulu pertama kali kenal dengan yang namanya Blog itu sekitar awal tahun 2015 atau tepatnya ketika saya masih duduk di kelas sepuluh Smk.

pertama kalinya mengenal dunia blogging ini karena pada saat itu saya secara tidak sengaja menemukan sebuah buku yang kurang lebih berjudul "Cara membuat dan mengelola sebuah Blog"  Dan dari situlah akhirnya ide untuk embuat Blog pun muncul.

Pertama kali Kenal dengan Blog

Pertama kali membuat sebuah Blog saya menggunakan Platform Blogger.com yang mana Platform tersebut sangat user freindly terutama bagi para pemula seperti saya, Blog pertama yang saya buat adalah tentang komputer yah walaupun isi kontennya masih hasil dari Copas dari beberapa Web dan Blog.

Namun pada saat itu memiliki sebuah Blog adalah suatu kebanggan tersendri bagi diri saya walaupun  belum secara 100%  konten tersebut bukanlah hasil dari pikiran saya sendiri, tetapi saya bangga  karena pada saat itu banyak dari teman-temanku yang belum memiliki blog sendiri atau bahkan mereka belum mengetahuinya.

Bagi seorang pemula seperti saya kala itu membuat blog itu tidak hanya 1 atau 2 buah blog saja pasalnya ketika saya membuat blog dan ternyata hasilnya tidak terlalu bagus entah itu karena Template-nya dan sebagainya maka pada beberapa saat kemudian Blog tersebut saya hapus dan membuat blog lagi , dan begitu seterusnya sampai akhirnya saya benar-benar bosan dengan dunia blogging.


Vakum dari dunia Blogging untuk beberapa Saat

Ada banyak faktor yang menjadi penyebab saya vakum dari dunia Blogging ini mulai dari minimnya pengetahuan tentang blog itu sendiri sehingga blog yang dihasilkan pun tidak sesuai dengan harapan dan ekspetasi, seperti  belum bisa memilih Template blog yang bagus, Malas membuat konten, dan sebagainya.

Mungkin jika dihitung hingga saat ini paling tidak sudah ada sekitar 20 lebih blog yang sudah saya bikin baik itu menggunakan Platform Blogspot.com ataupun Wordpress.com, dan semuanya tidak ada satupun yang benar-benar bertahan dan hingga akhirnya saya benar-benar melupakan tentang blog dan fokus memikirkan tentang banyak hal lainya.


Mengenal kembali Dunia Blogging karena terinspirasi dari Para Mastah

Setelah selang beberapa tahun kemudian ide atau pikiran tentang Blog itupun kini muncul kembali tetapi kali ini dengan niat yang berbeda, Jika dulu membuat dan memiliki sebuah blog adalah untuk kesenangan tetapi kali ini berbeda yaitu karena cari Penghasilan tambahan.

Melihat para Senior Blogger yang sudah melanglang buana dalam dunia blogging dan tak jarang pula sesekali memamerkan penghasilan  mereka dan jumlahnya jutaan bahkan puluhan setiap bulanya, dan itu membuat kagum dalam hati saya dan hal itulah yang membuat semangat membuat dan membangun sebuah blog muncul kembali, dan saya baru menyadarinya jika ternyata Sebuah Blog juga bisa menghasilkan.

Atas dasar itulah saya membuat blog kembali, dan pada kali ini saya memulai dengan sangat serius dalam membangun seperti memperbanyak mencari artikel tentang dunia blogging yang sebelumnya belum banyak saya ketahui dan bergabung dengan forum atau grup yang membahas kegiatan blogging ini.

Namun dilain sisi saya masih kebingungan dengan isi konten atau niche yang nantinya akan saya tulis dalam blog tersebut, karena setelah saya telusuri sudah terlalu banyak blog-blog yang memiliki pembahasan yang tidak jauh berbeda seperti niche teknologi, blogging, dan sebagainya.

Karena menulis blog itu bukanlah hanya memikirkan soal Volume pencarian yang tinggi tetapi juga memikirkan dengan kemampuan dan pengetahuan yang kita miliki, agar nantinya tidak ada beban atau terbebani dalam menulis konten kedepanya.

menentukan konten yang sesuai dengan kemampuan diri kita sendiri memiliki banyak sekali manfaat seperti :

  • Memperdalam lagi pengetahuan kita sebelumnya.
  • Konsisten dalam Update konten setiap  saatnya.
  • Tidak merasa terbebani karena tidak harus mempelajari materi lainya.
  • Menulis dengan Kemampuan (passion) yang dimilki diri sendiri akan jauh lebih menyenangkan.
  • Dan sebagainya.


Maka walaupun sudah terdapat banyak sekali Blog atau web yang memiliki topik pembahasan yang sama seperti membahas tentang Tekno, Blogging, review maka itu tidak menjadi masalah dalam menentukan Niche selama sesuai dengan Passion diri kita sendiri.

dan akhirnya saya memutuskan untuk membuat blog dengan niche yang saat ini sudah sangat menjamur dan banyak sekali dibahas oleh banyak Blogger yaitu gado-gado (Campuran).


Membuat Blog + Menulis artikel = Penghasilan ? (hoho tidak semudah itu)

Mungkin itulah yang saya dambakan ketika membuat blog dimana saya akan mendapat penghasilan setiap bulannya, seperti yang dirasakan oleh para mastah blogger dimana mereka sudah rutin gajian setiap bulannya dari Blog yang mereka kelola.

Namun untuk dapat menjadi seperti  mereka tidaklah semudah membalikan telapak tangan, ada banyak tahapan, cara, dan banyak hal lainnya yang harus dilalui, dan proses itulah yang kadang membuat banyak blogger menjadi Frustasi, Galau, karena Blog yang dibangun belum juga menunjukan performa yang terbaik.

Sama halnya yang sedang saya alami saat ini, walaupun sudah membangun blog dengan maksimal mungkin tentunya sesuai kemampuan diri sendiri tetapi belum juga mendapatkan visitor yang bagus, bahkan Blog yang saya bangun cenderung sepi padahal saya sudah banyak menulis artikel didalamnya.

hal inilah yang sering membuat semangat saya down jangankan untuk mendapatkan penghasilan yang ada malah pengeluaran setiap harinya hanya untuk membeli paket kouta internet, dan rela bergadang sampai mata menjadi cekung, badang terlihat kurus karena kurang istirahat hanya untuk menulis artikel pun seakan menjadi sia-sia .

namun saya tetap optimis bahwa suatu saat nanti saya juga dapat mengikuti apa yang dirasakan oleh para mastah blogger walaupun entah kapan impian itu terwujud.


4 Tahun Mengenal Blog, Apa yang sudah saya Dapatkan ?
 
Dan selama 4 tahun mengenal blog ini hal apa saja yang lantas sudah saya dapatkan? jawabanya adalah banyak sekali walaupun secara material saya sama sekali belum mendapatkan apa-apa hasilnya malahan pengeluaran setiap harinya, tetapi saya yakin suatu saat nanti akan ada hasil  dari usaha yang selama ini saya kerjakan.

Yang terpenting saat ini adalah saya harus tetap berusaha sekuat tenaga dan pikiran dan Istiqomah dan pastinya saya juga harus tetap belajar mencari dan menerima setiap informasi yang ada karena dalam dunia Blogging ini informasi apapun selalu Uptodate dengan segala perkembangan dan kemajuan yang ada.

Jika diibaratkan dunia blogging itu seperti sebuah aliran sungai yang mana kita harus tetap bergerak agar kita dapat mengikuti arus dan membawa dampak positif bagi sekitarnya, dan tidak hanya diam terpaku karena air yang diam cenderung akan membawa penyakit atau permasalahan bagi sekitar.

Dan itulah tadi kisah atau cerita saya sendiri tentang 4 Tahun Mengenal Blog, Apa yang sudah saya Dapatkan ? yang mana artikel ini saya buat sebagai penyemangat diri saya sendiri, motivasi dan pengingat agar kedepannya saya bisa lebih baik lagi.

Belum ada Komentar untuk "4 Tahun Mengenal Blog, Apa yang sudah saya Dapatkan darinya ?"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel