Permainan Bola Futsal beserta Pengertian Sejarah dan Ukuran Lapangan

Pengertian Permainan Futsal - Futsal adalah sebuah olahraga sepak bola yang yang dimainkan oleh 2 regu atau tim yang masing-masing regunya beranggotakan 5 orang pemain, dan tujuan dari permainan ini adalah memasukan atau mencetak goal ke gawang lawan baik itu dengan kepala, kaki, dan anggota badan lainnya selain dari tangan.

Selain 5 orang sebagai pemain utama, setiap masing-masing dari Tim futsal ini juga diizinkan membawa atau memiliki pemain cadangan, dan pemain yang sebelumnya sudah pernah diganti diperbolehkan untuk bermain kembali.

Olahraga Futsal ini memang memiliki kesamaan dengan permainan sepak bola namun hal yang membedakan futsal ini dengan sepak bola adalah karena permainan futsal ini dimainkan pada sebuah ruang tertutup, dan dengan ukuran lapangan yang jauh lebih kecil dibanding dengan lapangan sepak bola dan pada umumnya lapangan futsal ini dibatasi oleh sebuah garis, bukan dengan net ataupun papan.


Sejarah perkembangan Serta Teknik dasar dan ukuran lapangan Permainan Futsal 


Permainan Bola Futsal
Gambar oleh apnew0 Pixabay

Sejarah Perkembangan Olahraga Futsal

Kata dari Futsal awalnya berasal dari bahasa Spanyol yaitu Futbol yang berarti sepak bola dan kata Sala yang berarti ruangan, yang jika kedua kata tersebut digabung maka  namanya menjadi Sepak bola yang berada didalam ruangan atau yang disebut dengan futsal yang pertama kali Olahraga futsal ini dipopulerkan di Montevideo, Uruguay pada tahun 1930.

Pada awalnya olahraga dipopulerkan oleh seorang pelatih sepak bola yang berasal dari Argentina yang bernama Juan Carlos Ceriani,  Olahraga futsal ini mendapat banyak perhatian dari negara Amerika Serikat dan juga didukung oleh banyak negara lain terutama Brazil .

Olahraga futsal ini sangat berkembang pesat di negara Brazil, Maka pada tahun 1936 dibuatlah sebuah kesepakatan dan aturan dari permainan ini yang mana peraturan yang ada saat itu hingga kini tidak jauh berbeda, olahraga futsal semakin digemari oleh negara di benua Amerika dan bahkan diseluruh dunia.


Teknik Dasar Permainan Futsal

Dalam Permainan Futsal ini terdapat beberapa teknik dasar yang wajib diketahui oleh seorang pemain futsal diantaranya adalah :


1. Teknik Kontrol Bola

Dalam Permainan Futsal ini terdapat beberapa teknik yang dapat digunakan guna mengontrol bola yaitu dengan menggunakan kaki bagian dalam atau luar dan juga dengan telapak kaki bagian depan dengan memanfaatkan bagian bawah sol sepatu, Teknik mengontrol bola ini sangat diperlukan sekali bahkan wajib benar-benar dikuasi oleh setiap pemain.


2. Teknik Mengumpan (Passing)

Ada beragam cara untuk mengumpan atau passing yang bisa dilakukan baik dengan menggunakan kaki bagian dalam, kaki bagian luar, ujung kaki, tumit atau sisi bawah, namun teknik yan paling baik adalah dengan menggunakan kaki bagian dalam karena bola yang dikirim akan lebih akurat baik dengan arah mendatar, umpan panjang atau menyusur tanah.


3. Teknik Menggiring Bola (Dribblling)

Untuk memperdayai pemain lawan atau mengecoh dalam permainan futsal ini para pemain diharuskan memiliki Skill menggiring bola yang baik , terdapat beberapa Teknik menggiring bola yang harus dikuasai dalam permainan futsal ini adalah :

  • Dribbing dengan Kaki bagian dalam : dengan menggunakan teknik ini pemain bisa mengecoh pemain lawan kesebelah kanan jika menggunakan kaki sebelah kanan dan juga sebaliknya.
  • Dribbling dengan Kaki Bagian Luar : dengan menggunakan teknik ini jika seorang pemain menggunakan kaki sebelah kanan maka pemain bisa mengecoh lawan ke arah kiri atau sebaliknya, namun dengan menggunakan teknik ini pemain tidak dapat, mengecoh kearah kanan maupun sebaliknya.
  • Dribbling dengan Bagian Punggung kaki : menggiring bola dengan menggunakan bagian dari punggung kaki ini dapat dilakukan bilamana tidak ada pemain lawan yang menghadang atau menghalangi, Namun Teknik ini dianggap kurang pas atau efektif untuk mencegah lawan ke sebelah kiri atau ke sebelah kanan.

4. Teknik Menendang Keras (Shooting)

Teknik menendang keras  yang baik dan efektif dalam permainan futsal ini adalah menendang bola dengan memakai ujung sepatu atau kaki, karena menendang dengan teknik bola yang dihasilkan akan mengarah lurus kedepan dan pergerakannya pun akan sangat kencang.


5. Teknik Menyundul (Heading)

Teknik menyundul bola adalah Teknik yang digunakan guna Mengoper bola, mencetak Goal, menghentika  serangan lawan, atau membuang bola dengan menggunakan kepala, para pemain juga harus paham bahwa menyundul bola bukanlah dengan menggunakan ubun-ubun, dahi, muka dan mereka juga harus sadar bahwa mereka yang akan menyundul bola bukan bola yang membentur mereka.


6. Mengambil Bola dari Lawan (Tackling)

Merebut atau merampas bola dari lawan adalah upaya yang dilakukan guna menghentikan serangan atau penguasan bola lawan, Teknik yang bisa dilakukan adalah dengan Standing Tackling atau Merebut dengan Posisi berdiri  Sliding Tackling yaitu merampas bola dengan cara menyusur atau meluncur.


Ukuran dan Tanda Lapangan Permainan Futsal 

Lapangan Futsal memiliki ukuran yang jauh lebih kecil dan pendek dibanding dengan ukuran lapangan Sepak bola dan berikut adalah ukurang lapangan Futsal dan tanda yang wajib diketahui :

  • Untuk Standar Nasional Ukuran Lapangan Futsal mempunyai Panjang 25-42 meter dan lebar 15-15 meter.
  • Dan untuk ukuran lapangan futsal Standar Internasional adalah dengan panjang 38-42 meter dan dengan lebar 18-25 meter.
  • Lapangan Futsal Harus berbentuk persegi empat yang dibatasi dengan warna garis yang berbeda dengan warna lapangan agar pemain dapat membedakannya.
  • Permukaan Lapangan Diharuskan rata atau halus da tidak Abrasif .
  • Permukaan Lapangan Futsal Dapat terbuat dari Rumput sintesis, Kayu, Lantai Parkit dan bahan semisalnya yang tidak membahayakan ketika seorang pemain terjatuh.
  • Lapangan futsal terbagi menjadi 2 bagian yang dipisahka dengan garis yang biasa dikenal dengan garis tengah .
  • Titik Pusat lapangan ditandai dengan garis tengah dan dikelilingi oleh gari lingkaran sepanjang jari-jari 3 meter.
  • Untuk Gari Batas Lapangan  lebarnya adalah 8 centimeter yang melewati garis samping atau tepi, garis gawang dan juga garis tengah.

Dan itulah ulasan singkat tentang Pengertian sejarah dan ukuran lapangan permainan futsal yang dapat kami sampaikan dulu bila ada kesalahan atau apapun mohon untuk ditulis pada kolom komentar.



Belum ada Komentar untuk " Permainan Bola Futsal beserta Pengertian Sejarah dan Ukuran Lapangan"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel