Manfaat Dan Kelemahan Jaringan Komputer Secara Umum

Masdida.com  - Apa itu Manfaat dari jaringan Komputer ?  Jaringan Komputer adalah sistem telekomunikasi yan terdiri dari dua atau lebih komputer yang saling terhubung melalui media transmisi atau media komunikasi sehingga dapat saling berbagi informasi atau data, Aplikasi maupun berbagi perangkat keras komputer.

Dalam Sebuah Jaringan Komputer  memungkinkan penggunanya dapat melakukan komunikasi satu sama lain dengan mudah, dan peran dari sebuah jaringan komputer juga sangat diperlukan agar data terintegrasi dengan baik antar komputer Client sehingga menghasilkan suatu data yang relevan.

Manfaat Dan Kelemahan Jaringan Komputer Secara Umum


Manfaat Dan Kelemahan Jaringan Komputer
Image by Gerd Altmann on Pixabay

Manfaat Jaringan Komputer


Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa ada banyak sekali Manfaat dari Jaringan Komputer ini, baik itu untuk membantu mempermudah pekerjaan dan sebagainya dan berikut adalah beberapa manfaat yang dapat dihasilkan oleh Jaringan Komputer  :


1. Berbagi Informasi dan Sumber daya

Manfaat yang pertama adalah dengan menggunakan jaringan komputer tersebut kita dapat saling berbagi informasi dan sumber daya bersama seperti contoh dengan adanya jaringan komputer kita dapat berbagi seperti Harddisk, Printer dan sebagainya.


2. Komunikasi 

Dengan adanya jaringan komputer ini sangat membantu seseorang berhubungan atau berkomunikasi dengan orang lain dari berbagai penjuru dunia, seperti kita bisa berkomunikasi dengan cepat dan mudah  baik itu dengan pesan teks, gambar, audio dan video secara real-time contohnya adalah dengan menggunakan Sosial media yang tentunya tak terlepas dari jaringa komputer.


3.  Integrasi Data

Manfaat lainya dari Jaringan Komputer ini adalah kita bisa dengan mudah dan cepat untuk mengakses Data atau file milik kita sendiri ataupun orang lain yang telah disebar luaskan melalui jaringan komputer yaitu Internet.

Dan dengan itu pula kita dapat melakukan proses pengiriman data yang lebih cepat dan tentunya efisien.


4. Akses Informasi Lebih Luas

Mempunyai akses untuk mencari berita atau informasi dengan cepat dan mudah melalui Internet, Karena Internet sendiri adalah bagian contoh dari sebuah Jaringan Komputer, dan pastinya kita sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Internet.


Kekurangan atau Kelemahan Jaringan Komputer


Selain berbagai manfaat dan keuntungan yang diperoleh dari Jaringan Komputer seperti yang sudah disebutkan diatas tadi Sebuah jaringan Komputer juga tidak akan terlepas dengan yang namanya kekurangan atau kelemahan yang ditimbulkannya 

Dan berikut beberapa contoh Kekurangan atau Kelemahan yang dapat ditimbulkan dengan adanya jaringan komputer ini :


1. Membutuhkan Biaya yang Cukup

Untuk membangun sebuah jaringan komputer tentunya kita juga memerlukan sebuah biaya atau budget yang cukup, sebuah jaringan komputer tidak gratis karena untuk membangun sebuah jaringan komputer kita juga memerlukan sebuah perangkat tambahan seperti Modem, Router, Kabel dan sebagainya.

2. Mudah Terserang Virus

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa Virus atau malware adalah sebuah program jahat yang sangat akan merugikan apabila sampai menyerang dan menjangkit komputer atau laptop kita.

Dengan adanya sebuah jaringan komputer tentunya juga akan membuka peluang bagi Virus atau Malware menyebarkan dirinya baik itu melalui sambungan internet, kabel dan sebagainya, Tips mengatasinya adalah dengan kita selalu memasang Antivirus Terbaik buat Pc atau Laptop

3. Rentan dalam Keamanan

Dalam sebuah jaringan komputer tentunya kita dapat mendapatkan berbagai manfaat darinya namun disamping itu  juga kita patut berwaspada dengan celah keamanan yang terjadi.

Untuk menghindari atau mencegah Bocornya informasi atau data kepada oknum yang tidak bertanggung jawab maka dibutuhkan sebuah keamanan untuk menangkal serangan dari para peretas dan orang-orang yang tidak diinginkan.


Kesimpulan :

Jaringan Komputer adalah sistem telekomunikasi yan terdiri dari dua atau lebih komputer yang saling terhubung melalui media transmisi atau media komunikasi sehingga dapat saling berbagi informasi atau data, Aplikasi maupun berbagi perangkat keras komputer.

Dan dengan adanya Jaringan Komputer tersebut kita bisa mendapatkan banyak sekali Manfaat seperti Informasi dan sebagainya (membaca artikel ini juga manfaatnya), namun dengan jaringan komputer juga tidak menutup kemungkinan terjadi Kerawanan keamanan yang ditimbulkan dari rentannya jaringan komputer tersebut.

Dan itulah beberapa Manfaat dan Kekurangan atau kelemahan dari Jaringan Komputer yang telah saya ringkas dan umum dan sebenarnya masih banyak lagi manfaat yan didapatkan dan kekuranganya.

Belum ada Komentar untuk "Manfaat Dan Kelemahan Jaringan Komputer Secara Umum"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel