7 Kebiasaan yang Dapat Merusak Flashdisk, Kamu Harus Tahu

Cara merawat Flashdisk - Flashdisk adalah salah satu Pheriferal atau perangkat output yang sangat sering kita jumpai atau bahkan sering kita gunakan dalam urusan simpan menyimpan  data dari perangkat komputer ataupun sebaliknya, Flashdisk adalah benda yang mempunyai ukuran kecil tetapi perangkat  ini memiliki ruang atau space penyimpanan yang cukup besar.

Sebagai media atau Pheriferal atau Perangkat keras penyimpanan Flashdisk memiliki berbagai macam varian ukuran kapasitas yang ditawarkan dan bisa kita pilih mulai dari ukuran 4 GB Hingga 32 Gb, dan harga yang ditawarkan pun sangat bervariatif ada yang murah adapula  yang mahal.

Flashdisk memang sangatlah berguna bagi kita semua khususnya  untuk keperluan menyimpan data, selain memiliki ukuran yang tergolong mungil tetapi space yang ditawarkan terbilang cukup besar, namun karena ukuran dan beberapa hal lainnya banyak dari kita yang tidak terlalu memikirkan atau perduli yang akhirnya menyebabkan Flashdisk menjadi cepat rusak.

Dan kadang kita sering pula mengabaikan hal-hal untuk menjaga dan merawat agar Flasdisk yang kita miliki jauh lebih awet sehingga hal-hal yang tidak kita inginkan pun bisa kita minimalisir, maka guna menjaga dan merawat agar Flashdisk kita awet dan tentunya bisa terus kita gunakan maka terdapat beberapa hal yang perlu kita perhatikan.

Kebiasaan Buruk Yang Dapat Merusak Flasdisk dan sering kita Abaikan

Tips Merawat Flashdisk
Gambar oleh hotoMIX-Company pada Pixabay

Banyak hal orang yang secara tidak sadar kerap kali melakukan hal yang dapat merusak Flasdisk ini, dan bahkan beberapa hal tersebut sering disepelekan padahal beberapa hal berikut jika tidak kita hentikan maka yan ada kerusakanlah yang akan sering kita temui pada Flashdisk kita.

Maka guna merawat dan menjaga agar flasdisk kita tetap awet alangkah lebih baiknya kita untuk mengindari beberapa hal berikut agar flashdisk kita tidak cepat rusak :


1. Mencabut Flashdisk Tanpa melakukan Eject Dahulu 

Sebelum mencabut Flashdisk dari Komputer atau Pc kita sangat dianjurkan sekali untuk meng-Eject nya terlebih dahulu setelah kita selesai memakai Flashdisk Karena Fungsi Eject adalah guna memutus koneksi antara Flashdsik dengan Laptop atau Pc.

Karena Jika kita  tidak melakukan eject terlebih dahulu sebelum melepas maka hal tersebut akan menyebabkan Flashdisk cepat rusak, jika anda belum tahu cara untuk meng - Eject Flashdisk maka cara untuk meng-eject nya adalah dengan cara menekan Klik Kanan ada Logo Drive Usb dan pilih Eject dan Flashdisk pun telah kita lepas dengan cara aman.


2. Jarang Melakukan Scan Virus pada Flashdisk

Seperti yang kita tau Flasdisk adalah Media Penyimpanan yang sering kita gunakan untuk berbagai keperluan seperti menyalin atau memindahkan File dari Flashdisk ke Pc atau Laptop begitu pula dengan Sebaliknya, Dan perlu kita ketahui bahwa Flasdisk sangat lah rentan untuk terkena serangan virus komputer .

Maka guna untuk menjaga agar Flashdisk yang kita pakai tetap bersih dari virus komputer  maka kita perlu untuk melakukan Scanning terhadap virus dengan menggunakan Program Antivirus terbaik.


3.  Sering Menyimpan Pada Kantong Celana 

Karena Bentuk dan ukuran nya yang kecil kita bisa dengan leluasa menyimpan atau menaruh Flasdisk dimana termasuk pada kantong celana kita, menaruh Flashdisk pada Kantong memang tidak terlalu dipermasalahkan tetapi jika hal itu terus kita lakukan dan maka hal tersebut bisa menjadi salah satu sebabckerusakan pada Flasdisk.

Hal yang memungkinkan terjadi ketika kita menaruh Flasdisk pada Kantong celana khususnya bagian kantong belakang adalah kita bisa dengan tidak sadar membuat Flasdisk emnjadi retak aau rusak ketika kita duduk, dan hal lainya yang bisa membuat Flashdisk ini rusak ketika kita menyimpannya dalam Kantong adalah kemungkinan untuk ikut tercuci ketika kita lupa untuk mengambilnya.


4.  Menaruh Flashdisk Pada tempat Panas atau Terkena Matahari Langsung

Sebagian dari kita pasti sudah tahu dan paham jika kita sangat tidak anjurkan untuk menyimpan benda elektronik seperti Flashdik dan sebagainya pada tempat yang dimana tempat itu panas, seperti kita sangat tidak dianjurkan untuk menaruh Flasdisk diman ia akan terkena sinar matahari secara langsung, karena sekali lagi semua benda elektronik sangat rentan jika terkena panas yang berlebihan.


 5. Menaruh Flashdisk didekat Medan Gelombang  Magnet

Banyak dari kita yang mungkin belum tahu dan tidak sadar jika menaruh Flashdisk didekat benda - benda yang mengandung Gelomang atau Radiasi Magnet seperti Televisi, Smartphone dan sebagainya ternyata memiliki pengaruh pada umur Flashdisk.

Maka jika kita ingin agar Flashdisk kita awet maka taruhlah pada tempat yang aman seperti menyimpan Flashdisk pada Laci atau tempat lainya.


6.  Sering Menjalankan  Program Secara Langsung Dari Flashdisk

Menjalankan program atau menjalankan File seperti mennton film, mendengarkan musik secara langsung dari Flashdisk ternyata memiliki pengaruh cukup tinggi terhadap umur sebuah Flashdisk,  menjalankan program secara langsung dari Flashdisk selain membuat Flashdisk bekerja lebih keras dan juga membuat Flashdisk menjadi cepat Panas.

Maka untuk menghindari hal tersebut yang perlu kita lakukan adalah untuk memindahkan atau menyalin file dari Flashdisk kedalam Laptop atau Pc terlebih dahulu dan menjalankannya.

7.  Segera Lepaskan Flashdisk Ketika selesai Pemakaian

Seperti yang sudah kita ketahui sebelumnya bahwa Flashdisk sangat rentan dengan kerusakan keruskan yang dihasilan oleh panas baik panas yang disebabkan oleh matahari ataupun panas dari pengguna yang tersu menerus, Membiarkan Flashdisk menempel pada Pc atau Laptop walaupun sudah tidak lagi digunakan akan membuat Flashdisk cepat rusak dan rentan cepat terkena Virus.

Maka Solusi yang bisa kita laukan adalah untuk melepas Flahsdisk ketika kita telah melakuakn pemakaian atau segera melepas Flashdisk ketika sudah tidak lagi dipakai.


Dan itulah tadi beberapa Hal yang sebaiknya kita hindari guna menjaga Flahsdisk kita tetap awet dan tetap bisa kita gunakan untuk menyimpan sebuah data dan tentu kita tidak ingin terjadi hal hal yang tidak kita ingin pada Flahsdisk kita terlebih jika didalamnya terdapat File atau Program yang sangat berharga atau penting.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel