Cara membuat Kop atau Kepala Surat Resmi dengan Microsoft Word

Masdida.com -  Cara membuat Kop surat - Kop Surat atau yang sering kita sebut dengan Kepala surat adalah bagian atau komponen yang sangat penting dalam kegiatan surat menyurat khususnya untuk surat resmi, Kop Surat atau kepala surat tentu terletak bagian bagian atas sebuah surat yang pada bagian tersebut berisi tentang Informasi singkat seperti Logo Instansi, Nama Instansi, alamat, nomor telepon dan sebagainya.

Membuat Kepala surat terbilang sangat lah mudah dan pada kesempatan kali ini saya akan sedikit memberikan tutorial cara membuat Kop atau kepala Surat resmi sesuai dengan pengetahuan yang saya miliki.

Cara membuat Kop atau Kepala Surat Resmi dengan Microsoft Word


Cara membuat Kop atau Kepala Surat Resmi


Dan ini adalah tutorial atau langkah-langkah yang bisa kita gunakan untuk membuat Kop atau kepala surat resmi yang rapi dan mudah sekali untuk dipraktekan, Kop surat yang kita buat nantinya bisa kita gunakan guna keperluan resmi Sekolah, Perusahaan, Organisasi an sebagainya sesuai dengan kebutuhan kita.

Dan Pada Tutorial ini saya hanya memberikan contoh desainnya saja dan nanti bisa  anda sesuaikan sendiri baik itu berupa tulisan logo dan segala macam lainya, baiklah tanpa berlama-lama lagi kita mulai saja cara pembuatanya :

Cara Membuat Kop Surat Resmi

1. Langkah yang pertama adalah kita buka terlebih dahulu Program Microsoft Office Word kemudian kita atur terlebih dahulu ukuran kertas disini saya menggunakan ukuran A4, setelah itu kita buka menu Insert kemudian pilih Header, dan jangan lupa disini kita memilih Opsi Header yang Blank saja yaitu yang paling atas.



2. Setelah memilih Blank Header yang  langkah selanjutnya kita isi Header tersebut sesuai dengan nama Instansi , Perushaan, Sekolah ataupun sebagainya, disini saya memberi contoh kop surat pada Instansi Sekolah seperti pada gambar dibawah ini, dan aturlah baik itu Penggunaan ukuran ataupun jenis Font nya.



3. Dan biasanya pada bagian setelah Teks pada Kepala resmi tersebut akan terdapat Border atau garis lurus yang berada dibawah atau sebagai pembatas Kop Surat, Dan Cara yang bisa kita lakukan adalah dengan menambahkan  Border yang berada pada menu Insert.

setelah itu  kita pilih Style atau jenis garis sesuai dengan keinginan kita dan sebelum menekan OK jangan lupa kita Pilih Setting None agar Border tidak berada area tepi kertas.



4. Nah setelah kita memilih dan memasukan Border disini mungkin anda akan kebingungan karena garis Border nya tidak juga kelihatan, namun jangan panik dulu karena garisnya tidak benar-benar hilang dan yang perlu kita lakukan agar garis itu muncul adalah dengan memilih menu Bottom Border yang terdapat pada Menu Home seperti gambar dibawah ini.



5. Setelah mengisi Tulisan atau Teks  dan Border pada Header  maka agar isi surat itu terlihat lebih bagus dan valid kita tambahkan logo atau lambang dari Instansi surat tersebut, Cara untuk menambahkanya kita bisa melalui Menu Insert kemudian pilih gambar atau Logo.



6. Setelah itu kita atur ukuran gambar atau logo agar sesuai bila ditempat kan disamping kanan ataupun samping kiri pada  Kop Surat, dan agar Gambar atau logo tersebut bisa kita geser keatas  kita akali dengan cara menekan Klik Kanan dan pilih Behind Text.



7. Dan Akhirnya selesai sudah cara membuat contoh Kop atau kepala surat resmi dengan menggunaka Microsoft Word dan hasil akhirnya adalah seperti gambar dibawah ini.



Dan demikian lah tutorial "Cara membuat Kop atau Header Surat Resmi dengan Microsoft Word" yang dapat saya sampaikan dan semoga bermanfaat bagi kita semua dan juga apabila terdapat kesalahan pada tutorial ini mohon untuk menyampaikannya pada kolom komentar.

Belum ada Komentar untuk "Cara membuat Kop atau Kepala Surat Resmi dengan Microsoft Word"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel