5 Cara Cepat Mendapatkan Pekerjaan bagi Fresh Graduate atau yang Baru lulus

Tips Mencari Pekerjaan untuk yang Baru lulus - Mencari pekerjaan memang hal yang harus segera kita pikirkan dan lakukan ketika kita telah menempuh pendidikan baik di tingkat SMA/SMK atau tingkatan lainya, Mencari-cari pekerjaan setelah kita menyelesaikan pendidikan atau masih Fresh graduate  memang terbilang susah susah gampang.

apalagi ditengah persaingan yang semakin tahun semakin ketat dan pastinya membutuhkan perjuangan yang ekstra, dan saat ini jumlah lowongan pekerjaan yang ditawarkan tidak sebanding dengan jumlah tenaga kerja yang semakin tahun semakin membludak jumlahnya.

Tetapi dibalik semua itu selalu tersedia banyak kesempatan kita untuk mendapatkan pekerjaan, dan nyatanya banyak kok diantara teman kita yang sukses mendapatkan pekerjaan yang layak bahkan ada juga yang bisa bekerja diperusahaan besar.

Nah, bagi kalian yang saat ini sedang dilema masalah susahnya mendapatkan pekerjaan ada baiknya kalian membaca beberapa tips yang dapat saya bagikan dibawah ini barangkali setelah memnaca artikel ini kita bisa memiliki gambaran atau hal yang akan kita lakukan kedepanya.

Cara Cepat Mendapatkan Pekerjaan untuk yang Baru lulus (Fresh Graduate)

Tips Mencari Pekerjaan untuk Fresh Graduate
Gambar oleh Igor Link dari Pixabay


Oke berikut ini adalah beberapa cara yang dapat kita lakukan kedepanya agar kita cepat mendapatka pekerjaan, nah dari beberapa tips diawah ini adalah pengalaman si penulis sendiri mencari pekerjaan ketika baru lulus.


1. Ikut Bursa Kerja Khusus (BKK)

Bursa Kerja Khusus atau yang sering disingkat BKK ini adalah lembaga atau program dari sekolah yang bertugas memberikan informasi seputar lowongan pekerjaan, Nah bagi kalian yang baru lulus dan bingung mendapatkan daftar lowongan pekerjaan dimana kalian tidak perlu bingung lagi karena biasanya dibeberapa sekolah telah bekerja sama dengan pihak perusahaan untuk menyalurkan lowongan pekerjaan melalui pihak sekolah.

Nah daripada kalian bingung mencari cari daftar lowongan pekerjaan yang ada mending dateng dulu ke BKK resmi yang ada disekolahmu atau sekolah disekitar lingkungan kamu dan pastikan kamu memilih lowongan pekerjaan yang sesuai dengan kualifikasi dan minat kamu.

2. Mengikuti Acara Job Fair

Berikutnya cara cepat yang dapat kita lakukan guna mencari informasi atau mendapatkan sebuah pekerjaan adalah dengan kita mengikuti Job Fair, nah bagi kalian yang belum mengetahui apa itu job fair, job fair adalah sebuah acara yang biasanya diadakan oleh dinas kementrian ketenagakerjaan (Kemnaker) atau pihak lainya yang mana dalam acara tersebut banyak sekali perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan.

Nah dengan begitu disana banyak sekali lowongan pekerjaan yang dapat kita pilih sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhkan, dalam mengikuti job fair ini biasanya kalian harus rela mengantri atau berdesak-desakan pasalnya kegiatan job fair semacam ini diikuti atau dihadiri oleh ratusan bahkan ribuan pelamar kerja, jadi persiapkanlah dirimu.

3. Berkomunikasi dengan Teman atau Kakak kelas

Sebagai anak yang baru lulus atau Fresh Graduate tentu kita memiliki pengalaman atau pengetahuan tentang dunia kerja dan tata cara melamarnya, maka dari itu komunikasi dengan teman, sahabat, kakak kelas dan sebgainya sangat diperlukan.

dengan melakukan komunikasi dengan mereka kita bisa melakukan sharing seputar lowongan pekerjaan, jika kamu merasa canggung atau malu untuk bertanya atau sekedar komunikasi maka mulai saat ini cobalah untuk bergaul dan mencari-cari informasi pekerjaan pada mereka.

Mintalah saran dan tips pada mereka agar kalian bisa dengan cepat memperoleh suatu pekerjaan yang baik dan layak untuk kalian, tetapi kalian juga harus tetap memilah mana pekerjaan yang baik dan tidak untuk diri kita sendiri (Memilih boleh tapi jangan pilah-pilih).

4. Mencari Informasi Lowongan Pekerjaan di Internet

Dengan berbagai kemudahan dan kecepatan informasi yang dapat kita peroleh di internet maka hal tersebut dapat menjadi angin segar bagi kalian yang sedang mencari cari informasi seputar lowongan pekerjaan dan sebagainya.

namun tentu saja semua informasi yang ada di internet tidak semuanya benar, sehingga kita harus berhati-hati dalam memilih informasi lowongan pekerjaan yang ada di Internet baik itu melalui media sosial, pesan chat, dan sebagainya Pastikan sebelum melamar suatu pekerjaan di internet kalian cek kebenaran dan legalitasnya.

5. Melamar pekerjaan Melalui Email atau Nge-Pos

Melamar Pekerjaan melalui Email dan Pos merupakan yang saat ini paling banyak dilakukan dan diminati, selain karena bebas menentukan perusahaan yang kita lamar jumlahnya dan dengan cara tersebut terbukti ampuh untuk mendapatkan pekerjaan.

untuk melamar pekerjaan via email yang kita butuhkan adalah berkas seperti Cv, dan berkas pendukung lainya dalam bentuk file kemudian kita kirim pada email dari perusahaan yang akan kita lamar, untuk mendapat kan email sebuah perusahaan kita bisa mencari tahu pada Forum diskusi lowongan pekerjaan dan internet.

Sedangankan untuk melamar via Pos yang kita butuh kita lakukan adalah membuat Cv dan meyertakan Copy berkas dokumen dan kemudian kita kirim pada alamat perusahaan yang akan kita lamar.

dengan menggunakan kedua cara diatas kita tinggal menungu saja panggilan atau jadwal tes yang diinfokan oleh pihak perusahaan.


Nah itulah tadi beberapa tips dan cara yang dapat kita lakukan untuk menadapatkan pekerjaan dengan cepat dan mudah bagi kalian yang baru lulus atau fresh graduate, dan ingat selalu sobat untuk berhati-hati dalam mencari pekerjaan dan semoga sukses.




Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel