Bingung, Pilih Kerja atau Kuliah, Setelah Lulus Mau Lanjut Kemana ?

Pilih kerja atau kuliah, yah mungkin itulah pertanyaan yang sering menghampiri kita setelah mengikuti ujian terakhir atau ujian nasional, memilih diantara keduanya merupakan suatu pertanyaan yang cukup sulit karena hal tersebut menyangkut dengan masalah kita kedepanya.

Banyak diantara kita yang pasti sedang merasakan kebingungan antara memilih untuk kuliah atau bekerja dan belum lagi ditambah dengan perasaan dag dig dug  menunggu hasil ujian kita yang pastinya membuat kita kadang tambah pusing.

Memilih bekerja ataupun kuliah setelah lulus dari SMK/SMA sama-sama memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing , memilih bekerja atau lanjut kuliah menurutku keduanya sama-sama bagus dan semuanya memiliki hak untuk memilih itu.

bagi kalian yang masih bingung dengan hal diatas yaitu memilih untuk kuliah atau bekerja berikut ini akan saya sedikit uraikan perbedaan keduanya agar kalian bisa memiliki sedikit gambaran atas pilihan yang akan kalian ambil nantinya.


Perbandingan Memilih Bekerja dan Kuliah Setelah Lulus SMK/SMA
Pilih Kerja atau Kuliah, Setelah Lulus Mau Lanjut Dimana ?
Gambar oleh Coffee Bean dari Pixabay

Dalam perbandingan ini saya sama sekali tidak ingin membandingkan mana yang lebih baik atau mana yang lebih hebat antara memilih bekerja atau kuliah, karena bagi saya keduanya sama-sama bagus dan baik. 

Memilih Kuliah Seteleh lulus SMK/SMA

Baik disini saya akan memberikan sedikit gambaran bagi kalian yang akan memilih untuk kuliah setelah lulus nanti.
  • Memiliki Jenjang yang lebih baik, dengan kita memilih untuk kuliah tentu bisa memiliki jenjang yang lebih luas dimasa depan, dengan modal ijazah sarjana kesempatan berkarir bisa lebih luas.
  • Peluang Profesi Lebih luas, ketika kita kuliah dan memilih jurusan yang kita pilih untuk dipelajari, maka setelah lulus kita jauh memiliki peluang untuk bekerja pada bidang yang sama atau lainya.
  • Mengeluarkan biaya untuk kuliah, dengan kita memilih untuk kuliah maka kita juga harus siap dengan yang namanya biaya, biaya kuliah terbilang tidak murah dan harus kita keluarkan setiap semesternya selama 4 tahun, jadi bagi kalian yang ingin melanjutkan untuk kuliah pikirkan hal ini baik-baik yah.
  • Masih Bergantung Pada Orang tua, Pada umumnya ketika kita kuliah tentunya kita tidak memiliki sumber keuangan sendiri, nah otomatis kita mau tidak mau harus meminta kepada orang tua dikala kebutuhan kita mendesak baik itu untuk kebutuhan kuliah dan pribadi.

Memilih Bekerja Setelah Lulus SMK/SMA

Oke selanjutnya adalah apabila kita memilih bekerja setelah lulus dari SMK/SMA ini :

  • Memiliki penghasilan sendiri, Jika kalian memilih untuk bekerja setelah lulus nanti maka dapat dipastikan atau otomatis kalian akan memiliki penghasilan sendiri setiap bulanya, untuk lulusan SMK/SMA biasanya gajinya terpatok pada UMR (upah minimum regional) ya sekitar 3 - 5 juta perbulanya.
  • Mandiri dari segi keuangan, jika kalian memilih untuk bekerja setelah lulus dari smk/sma tentunya kalian akan memiliki penghasilan atau gaji setiap bulannya, sehingga kalian bebas mengatur keuangan pribadi kalian entah itu untuk kebutuhan sehari-hari, dikirim ke orang tua atau untuk ditabung.
  • Jenis Profesi terbatas, jenis profesi atau pekerjaan yang ditawarkan bagi lulusan SMK/SMA biasanya terbatas, seperti sebagai operator produksi jika bekerja di PT.
  • Jenjang karir tidak sebagus S1, jika kamu hanya mengandalkan ijazah SMK/SMA maka jenjang karir yang akan kamu dapatkan pun relatif terbatas dan stagnan dan cenderung akan lebih sulit untuk mengalam kenaikan.

dan seperti itulah gambaran jika kamu ingin melanjutkan kuliah atau bekerja setelah lulus ini, dan apabila kamu masih meras kebingungan atau pusing ketika harus memilih mana maka lebih baik konsultasikan terlebih dahulu kepada orang tua, suadara bahkan teman.

Memilih untuk bekerja atau kuliah ketika lulus dari smk/sma merupakan hal yang sagngat bagus karena  keduanya adalah hal yang penting, yang bekerja akan lebih mandiri secara keuangan dan tak membebani orang tua sedangngkan yang kuliah akan lebih memiliki wawasan dan pengetahuan yang lebih luas.

Kedua hal tersebut sama-sama memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing, pikirkan lah secara matang langkah apa yang akan diambil setelah lulus nanti apakah akan kuliah atau bekerja, yang penting jangan berpikiran untuk nganggur dan tidak ingin melakukan apa apa hehe, dan itulah tadi gambaran dan penjelasan singkat tentang Pilih Kerja atau Kuliah, Setelah Lulus Mau Lanjut Kemana ?, Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel