Langkah dan Cara Resign dari Tempat Kerja yang Tepat dan Baik

Langkah dan Cara Resign yang Tepat -  Mempertimbangkan Resign atau Keluar dari Pekerjaan bukanlah suatu keputusan yang mudah diambil, banyak faktor yang harus dipertimbangkan dan diperhitungkan agar ketika kita sudah benar benar keluar dari pekerjaan tidak ada lagi penyesalan ataupun perasaan bersalah.

Sama halnya ketika kita sewaktu melamar suatu Pekerjaan, Keluar dari pekerjaan atau resign juga mempunyai Etika dan cara yang baik agar kita keluar dari pekerjaan tersebut secara terhormat dan baik - baik.

Ada banyak Sekali Faktor yang dapat mendorong seseorang mengambil keputusan untuk resign ini namun Terkadang seseorang yang sudah terlanjur jenuh dan stress dengan pekerjaannya dan yang terlintas dalam benaknya adalah untuk resign seseorang tersebut akan terburu-buru ketika akan menyampaikan keputusanya atau bahkan ia akan bolos kerja dan parahnya adalah kabur.

Tetaplah bersikap Profesional baik ketika dalam bekerja ataupun ketika hendak keluar dari pekerjaan sehingga atasan kita akan segan dan memberikan respek karena kita bersikap profesional dan keluar secara terhormat.

Langkah dan Cara Resign dari Tempat Kerja yang Tepat dan Baik

Cara Resign dari Tempat Kerja yang Tepat dan Baik
Gambar oleh slightly_different dari Pixabay


Jika sudah matang dengan Keputusan tersebut maka kini saat untuk memikirkan bagaimana cara dan langkah agar proses pengunduran diri ini berjalan dengan baik dan terhormat, walaupun nantinya kita tidak akan bekerja ditempat yang sama dengan mereka namun kita tetap harus menjalin persaudaraan dan kesan yang bagus setelah sekian lama kita bekerja ditempat tersebut.


Dan berikut adalah Tips atau Langkah Pengunduran diri Yang baik :

1. Berbicara dengan Atasan dan Membuat Surat Pengunduran Kerja (Resign)

Ketika kita sudah bulat membuat keputusan untuk resign maka pastikan terlebih dahulu berbicara dengan atasan kita sebelum rekan atau orang lain tahu, lakukan secara pribadi seperti berbicara empat mata atau masuk kedalam ruangan pribadinya, berbicaralah sejujurnya niat dan maksud kamu ini dan jangan menutup nutupi alasan kamu memilih Resign dari Pekerjaan tersebut.


2. Menyerahkan Surat Pengunduran diri

Jika kita sudah berbicara secara baik baik dengan atasan maka barulah kita menyerahkan Surat pengunduran diri sebagai tanda bahwa kita ingin keluar dari perusahaan tersebut secara baik baik dan terhormat, setidaknya sebulan sebelum hari masuk kerja nanti, dan berbicaralah dengan kata kata yang baik.


3. Rencanakanlah waktu yang Tepat 

Sebelum Berbicara dengan atasan dan memberikan surat pengunduran maka pikirlahkan lah rentang waktu yang tepat dan pastikanlah semua pekerjaan atau project kita telah beres sehingga selama proses serah terima berjalan dengan lancar.


4. Sampaikan Penghargaan kepada Perusahaan dan Rekan Kerja

Apapun alasan yang membuat kita untuk resign, kita tetap harus memberikan rasa hormat dan terimakasih kepada perusahaan dan rekan kerja karena telah memberikan kesempatan dan pengalaman selama bekerja dan terakhir tetaplah menjaga kekerabatan yang sudah terjalin.


Jika sudah memahami langkah langkah dan cara sebelum mengajukan surat pengunduran diri maka selanjutnya kamu bisa memutuskan kembali apakah benar benar bulat dengan keputusan tersebut atau masih ragu, jika  sudah bulat maka lakuknlah dengan cara yang baik seperti yang sudah kita bahas diatas.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel