Waspada !! Inilah Cara Membedakan Lowongan Pekerjaan Yang Asli dan Hoax

Cara Membedakan Loker Asli dan Hoax - Di era kemajuan zaman yang canggih ini banyak sekali hal yang bisa kita lakukan dengan hanya smartphone atau ponsel kita salah satunya adalah mencari informasi lowongan pekerjaan, dan tak dipungkiri lagi bahwa mencari pekerjaan dengan internet jauh lebih cepat dan efisien dibanding dengan menggunakan cara lama atau manual.

Namun dibalik semua kemudahan dan Kecepatan yang ditawarkan kita harus tetap berhati hati dalam memilih dan memilah informasi yang dengan mudah kita Dapatkan, pasalnya di saat yang sedang hangat ini banyak sekali informasi hoax dan sesat bahkan banyak sekali penipuan-penipuan yang berkedok informasi lowongan pekerjaan.

Dan saat ini banyak sekali modus-modus penipuan berkedok sebuah lowongan pekerjaan, kebanyakan target mereka adalah para fresh graduate atau mereka yang baru lulus, pasalnya mereka yang baru lulus ini masih belum berpengalaman atau masih polos sehingga sangat mudah sekali untuk diajak dan dirayu untuk masuk dalam perangkapnya.

Melihat banyak sekali modus dan cara yang mereka lakukan untuk mencari mangsanya saya cukup prihatin karena ternyata banyak juga yang menjadi korbanya, maka pada artikel ini saya akan mencoba Sekedar berbagi pengalaman tips atau cara membedakan informasi lowongan pekerjaan yang asli dan palsu.

Membedakan Informasi Lowongan pekerjaan yang Asli dan Palsu

 Cara Membedakan Lowongan Pekerjaan Yang Asli dan Hoax
Gambar oleh Gerd Altmann dari Pixabay

Pada artikel ini tips yang akan saya bagikan adalah beberapa pengalaman sendiri dan pengamatan dari teman-teman yang pernah mengalaminya , semoga setelah membaca artikel ini kita jauh lebih jeli lagi dalam memilih dan memilah informasi lowongan pekerjan.



1. Perhatikan Informasi Perusahaan Terkait

Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan maka sebaiknya kita cari tahu terlebih dahulu informasi terkait dengan perusahaan tersebut,  mengetahuinya kamu bisa selidiki beberapa hal terkait dengan perusahaan tersebut seperti alamat telepon, email, website dan yang paling penting adalah lokasi perusahaan.

Pastikan semua informasi yang diberikan sesuai dan memang ada jika kita cek di google bila perlu kita bisa bertanya kepada teman keluarga atau sebagainya tentang perusahaan tersebut.


2. Perhatikan Tempat dan Alamat Lokasi Tes

Dan yang kedua adalah cara untuk membedakan lowongan pekerjaan atau panggilan kerja yang benar dan hoax adalah dengan cara mengetahui lokasi dan tempat tes, sebuah perusahaan yang benar-benar resmi tidak akan merekrut karyawanya di sembarang tempat seperti pada ruko, rumah.

Perusahaan biasanya hanya akan melakukan recruitment karyawanya dilokasi lokasi khusu seperti Gedung perusahaan tersebut atau dilokasi resmi lainya, jadi bila ada sebuah perusahaan yang memberikan informasi untuk melakukan tes di Ruko, Rumah dan tempat tidak resmi lainya dapat dipastikan itu adalah hoax dan berpotensi penipuan.


3. Perhatikan  alamat E-mail Dan No Telpon Perusahaan.

Dan cara membedakan lowongan pekerjaan yang asli dengan hoax adalah dengan cara kita meneliti alamat email dan telpon perusahaan, perusahaan yang asli biasanya memberikan alamat email seperti " recruitment@namaperusahaan.com "  selain alamat email seperti diatas maka berhati - hatilah.

Dan sebuah perusahaan biasanya tidak akan meminta calon karyawanya untuk mendaftar melalui WhatsApp, jika kamu disuruh mendaftar atau mengisi data via tersebut maka itu adalah hoax, pastikan  alamat email atau web tersebut resmi perusahaan.


4. Meminta Sejumlah Uang

Dan selanjutnya jika kamu menemukam sejumlah informasi lowongan pekerjaan dan kemudian kamu dimintain sejumlah uang yang cukup banyak maka waspadalah,  sebuah perusahaan biasanya tidak akan memungut  biaya sepeser pun, dan ingat kita ini akan bekerja untuk mendapatkan uang bukan membayarkan sejumlah uang untuk bekerja.


5. Membeberkan Fasilitas dan Gaji Secara Detail

Dan Terakhir apabila kamu menemukan sebuah lowongan pekerjaan yang didalam recruitment nya membeberkan semua fasilitas, Gaji,  dan sebagainya secara detail maka berhati-hatilah, Hal seperti itu biasanya terjadi untuk memancing minat calon pelamar, perlu kita pahami bahwa tidak semua perusahaan yang memberikan informasi secara detail maka dari itu kita perlu mewaspadai hal hal seperti diatas.

Alih-alih menawarkan lowongan pekerjaan ada banyak pihak yang tidak bertanggung jawab menawarkan sejumlah pekerjaan dengan berbagai iming iming yang menarik namun setelah si korban berhasil dirayunya dan dibujuknya bukan pekerjaan yang akan ia dapatkan tetapi sikorban akan dimintain sejumlah uang.

Baca juga : Cara Cepat Mendapatkan Pekerjaan bagi Fresh Graduate

Dan sebenarnya masih banyak lagi cara untuk membedakan informasi lowongan pekerjaan dan panggilan pekerjaan yang real atau asli dengan yang Hoax, jadi Berhati-hatilah

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel