13 Tips dan Cara Merawat Laptop yang Baik dan Benar

Tips Merawat Laptop supaya Awet - Mempunyai Laptop yang awet sampai bertahun - tahun merupakahan Dampaan bagi setiap orang apalagi jika pekerjaan seorang tersebut mengharuskan memakai laptop setiap hari pastinya tidak mau bila secara tiba tiba laptop tersebut rusak atau tak berfungsi lagi dan pastinya akan sangat merugikan sekali buat kita semua.

Merawat Laptop memang tidak memerlukan penanganan yang khusus dan tidak akan menguras kantong kita, merawat laptop supaya awet sebetulnya tidaklah terlalu ribet dan susah namun karena terlalu mudah akhirnya banyak orang yang menyepelekanya.

Karena sering disepelekanlah masalah perawatan laptop ini cukup berpengaruh maka tak jarang banyak orang yang baru membeli laptop namun setelah dipakai beberapa saat kinerjanya pun memburuk dan akhirnya rusak, maka diperlukanlah perawatan yang secara teratur agar komponennya awet dan kinerja laptop kita bisa tetap baik.

Harga Laptop saat ini cenderung murah dan kualitas yang ditawarkan pun cukup menawan serta baik itu laptop baru atau second banyak sekali jenis dan tipe laptop saat ini sebagai contoh Ada tipe laptop Gaming yang diperuntukan untuk kebutuhan Game dan ada juga Tipe Standar yang bisa dipakai untuk kebutuhan ringan seperti, kerja, Sekolah dan lain sebagainya.

13 Tips dan Cara Merawat Laptop yang Baik dan Benar

Cara Merawat Laptop yang Baik dan Benar

Ada banyak sekali Tips dan cara merawat laptop yang benar Namun seringkali kita anggap remeh berikut adalah Tips dan cara Merawat Laptop supaya Awet dan tetap Joss.


Cara Merawat Laptop yang Baik dan Benar


1. Jangan Dipaksakan untuk Bermain Game Berat
Bermain game di laptop memang sah sah saja namun apabila Standar Spek Game yang kita mainkan tersebut lebih besar dari Spek Laptop kita sendiri maka Game tersebut akan membuat kerja laptop kita lebih berat, bahkan jika terus dipakasan untuk bermain game maka yang akan terjadi Hang pada laptop kita dan hal ini bisa memperpendek umur Komponen laptop kita sendiri.

Ada Tipe dan Jenis Laptop yang khusus untuk kebutuhan game ini salah satu contoh jenis laptop game adalah ASUS ROG (Republic of Gamers) dilaptop jenis ini agan bisa dengan bebas bermain game apa saja tapi untuk laptop yang tipe standar maka pikirkan dulu sebelum menginstall nya.


2. Jauhkan Benda Cair di Sekitar Laptop 
Setiap Barang elektronik akan mudah sekali rusak komponenya apabila terkena atau tersiram benda  cair , benda cair yang saya maksud disini seperti air, sama halnya laptop yang juga benda elektronik yang rentan sekali apabila sampai terkena atau tersiram air.

Sangat disayangkan apabila ketika kita sedang asik bekerja dengan laptop kita namun dengan tidak segaja menyenggol air minum  dan basah mengenai laptop bisa jadi  akan menyebabkan Overheat dan rusak.


3. Jangan Bermain diatas Kasur
Salah satu kesalahan Para pemilik laptop adalah sering bermain laptop mereka diatas kasur, bermain laptop diatas kasur memang nyaman karena kita bisa sambil tiduran, namun hal ini dapat membuat laptop kita kepanasan karena sirkulasi udara yang masuk dari bawah laptop kurang begitu maksimal sehingga menyebabkan Overheat.

Salah satu Tips yang bisa dilakukan adalah dengan memberi alas berupa buku atau papan pada laptop agar kita tetap bisa bermain laptop diatas kasur dengan nyaman.


4. Hindari  Pemakaian Battery  hingga 0%
Hindari batterry sampai 0% ini adalah cara agar kita dapat menghindari kerusakan pada Battery Laptop kita, Pasalnya jika kita membiarkan Battery Laptop Kita pada titik terendah atau habis maka kerusakanlah yang akan terjadi.


5. Hindari Pemakaian Berlebih
Pemakaian Laptop secara berlebihan juga sangat beresiko pada kesehatan dan umur dari komponen laptop itu sendiri, Laptop sangat berbeda dengan Pc baik secara Kualitas Komponen dan daya tahan, Pakailah Laptop dengan Sewajarnya dan seperlunya saja namun jika ada tugas atau kerjaan yang mengharuskan kita On setiap Waktu maka berilah laptop itu waktu untuk istirahat sebentar.


6. Jangan Menaruh Benda berat Diatas Laptop
Menaruh Benda berat Diatas Laptop dapat memberi kerusakan pada Laptop terutama pada Layarnya, Kebiasaaan buruk ini biasanya terjadi pada orang-orang yang menganggap sepel laptop namun siapa sangka hal ini bisa berakibat fatal dan sangat merugikan.


7. Hindari Panas Matahari atau Suhu yang Panas
Menghindari Matahari dan suhu yang relatif panas pasti sudah kita ketahui bersama fungsinya yaitu untuk menghindari terjadinya Overheat atau panas berlebih, membiarkan Laptop kita berada dibawah terik matahari secara tidak langsung kita dengan merusaknya.


8. Bersihkan Layar Dan Keyboard Secara Berkala
Membersihkan Layar Dan Keyboard laptop kita secara rutin akan membuat debu yang menempel akan hilang sehingga layar tetap enak untuk dipandang tanpa adanya jerawat atau bintik hitam debu kotoran dan akan menjaga keyboard tetap bersih dari debu dan kotoran.


9. Install Anti Virus terbaik
Tujuan dari Menginstall Antivirus  Terbaik ini pasti sudah kita ketahui bersama yaitu untuk menagkal dan membersihkan virus yang ada dalam laptop kita, Scan lah Virus secara berkala agar laptop kita bersih dan lakukanlah pemerikasaan secara manual karena biasanya ada file Virus yang tidak terdeteksi oleh Aplikasi Antivirus itu sendiri.


10. Jangan Download File Atau Aplikasi Sembarangan
Sudah Tidak dipungkiri lagi bahwa sumber Virus adalah berasal dari akses internet melalui aplikasi atau file yang kita download, karena biasanya virus itu sengaja sisusupkan kedalam link atau file yang  akan kita klik, jadi berhati hati lah dalam mendownload Aplikasi pada web.

11. Jangan Langsung menutup LCD Ketika Masih Nyala
Menutup Layar atau Lcd dalam keadaan Laptop masih Menyala dapat menyebabkan kerusakan pada Layar dan Mesin Laptop itu sendiri  pasalnya laptop masih berada pada suhu yang relatif panas sehingga perlu di matikan (Shut Down atau Sleep) terlebih dahulu dan tunggu hingga hingga benar benar mati.


12. Jangan Lepas Battery 
Walaupun menge-charge  sambil dinyalakan itu tidak baik buat kesehatan Daya Battery tapi akan lebih bahaya jika kita melepasnya sambil mencharger nya  pasalnya arus listrik yang masuk tidak di Filter dulu oleh baterry sehingga langsung masuk dalam Mainboard dan ini akan sangat berbahaya apabila sewaktu-waktu terjadi Korsleting listrik.


13. Bersihkan File yang tidak Penting
Kelonggaran Harddisk laptop kita juga perlu diperhatikan agar kinerja nya tetap Optimal, File yang belebihan pada disk kita secara tidak langsung akan membuat Laptop berat ketika beroperasi maka diperlukan pengecekan dan penghaspusan File atau Aplikasi yang sekiranya tidak penting.



Kesimpulan

Merawat laptop agar tetap optimal dan bagus kinerja memang sangat perlu kita lakukan, banyak hal yang kita anggap sepele namun memiliki pengaruh yang cukup besar bila di abaikan semoga tips dan cara Merawat Laptop diatas berguna bagi kita semua.

Belum ada Komentar untuk "13 Tips dan Cara Merawat Laptop yang Baik dan Benar"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel