8 Distro Linux Terbaik Untuk Berbagai Jenis Kebutuhan Laptop Kamu

Masdida.com - Linux Merupakakan salah satu Sistem Operasi  Terbaik yang mana menggunakan lisensi Open Source atau Sumber terbuka yang saat ini telah banyak digunakan oleh para penggunanya diseluruh berbagai penjuru dunia, Sistem operasi berbasis linux ini bisa kita download dan gunakan secara gratis.

Sistem Operasi Linux saat ini  memiliki banyak sekali varian atau yag biasa kita sebut dengan nama Distro Linux, linux menjadi pilihan banyak pengguna komputer atau laptop karena  Sistem Operasi Linux ini Gratis dan kerap menjadi alternatif dari Sistem Operasi Windows atau Mac Os yang Berbayar, dan Sistem Operasi linux ini ada yang berbasis Teks atau Cli dan ada juga yang menggunakan Grafis atau Gui.

Kebanyakan para Pengguna dari Sistem Operasi Linux ini adalah mereka yang sudah ahli seperti para Hacker dan sebagainya, , kenapa demikian  ? karena Bagi mereka yang masih awam dengan linux atau seseorang yang sudah terbiasa menggunakan sistem operasi Windows atau Mac Os mereka akan merasa kebingungan baik itu dari segi tampilan, Menu , Configurasi dan sebagainya.

Ada banyak sekali keuntungan Menggunakan Distro linux ini salah satu yang paling populer dari Sistem Operasi berbasis Linux ini jauh lebih tahan terhadap serangan virus ataupun malware dan Sistem Operasi Linux ini dikenal jauh lebih Stabil dibanding dengan Macam-macam Sistem Operasi lainya.


Distro Linux terbaik untuk berbagai kebutuhan

Setiap Distro Linux telah disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya, sehingga seseorang yang baru ingin migrasi ke sistem operasi linux bisa memilih Jenis Distro Linux yang sekiranya sesuai dengan kebutuhan mereka, semisal adalah Ubuntu yang merupakan salah satu Distro linux paling Populer dan banyak digunakan karena Tampilannya yang User Friendly Sehingga seorang pemula pun akan dengan mudah untuk menggunakannya.

Dan berikut adalah Beberapa Distro Linux Terbaik menurut banyaknya pengguna maupun popularitas yang menurut saya sangat cocok digunakan Sesuai dengan kebutuhan kita, karena saya akan mencoba menulis beberapa Distro Linux ini sesuai dengan fungsi dan kegunaanya masing - masing.



A. Distro Linux Untuk  Pc atau Laptop (sehari-hari)

Dan berikut saya akan menuliskan beberapa Distro Linux yang bisa kita gunakan pada Pc atau Laptop untuk menunjang kegiatan kita sehari-hari seperti bekerja dan sebagainya.

1. Ubuntu


Distro Linux ubuntu

Ubuntu merupakan salah satu Distro Linux yang saat ini paling populer dan banyak digunakan, Ubuntu dibuat berdasarkan Arsitektur Linux Debian dan Ubuntu ini juga memiliki banyak sekali fitur-fitur baru yang belum tersedia pada Distro Linux lainya.

Distro Linux  yang satu ini memiliki banyak sekali forum dan komunitas pengguna yang senantiasa selalu aktif sehingga kita akan dapat mencari atau menemukan jawaban atas masalah atau kendala dengan Sistem operasi berbasis Linux ini.

Ubuntu  merilis  versi terbarunya setiap 6 bulan dan pada saat artikel ini dibuat Ubuntu sudah mencapai Versi 18.04, dan ubuntu juga memiliki beberapa varian lagi seperti Xubuntu, Ubuntu Mate dan Lubuntu.

Kelebihan Ubuntu :
  • Tersedia banyak Software.
  • Powerfull dan User Friendly.
  • Support terhadap banyak Aplikasi Pendukung.
  • Memiliki banyak Forum atau Komunitas.
  • Dan masih banyak lagi .


2. Linux Mint


Distro Linux Mint

Linux Mint juga merupakan salah satu Distro Linux yang paling Populer dan banyak digunakan, Linux Mints sangat cocok digunakan oleh Pengguna baru atau pemula karena Linux Mint mempunyai tampilan sangat User Freindly yang dan juga memiliki banyak perangkat yang lunak untuk memenuhi kebutuhan penggunanya.

Linux Mint juga sangat cocok digunakan sebagai alternatif dari Windows atau Mac Os, Linux Mint saat ini sudah mencapai Versi 18.3 dan memiliki 4 versi DE yang berbeda setiap DE memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing namun yang terbaik adalah DE Cinnamon, dan berikut adalah beberapa kelebihan dari Distro Linux Mint.

Kelebihan Linux Mint :
  • Tersedia banyak Software.
  • Desktop Cinnamon Lebih bagus dan mudah digunakan..
  • Memiliki Banyak Forum dan Komunitas.
  • Proses Instalasi yang mudah.
  • Terdapat Fitur Update dan Upgrade.
  • Dan Masih banyak lainya.

3. Elementary OS


Distro Linux Elementary Os

Mungkin Distro Linux yang satu ini jarang kita dengar atau bahkan sebelumnya kita belum mengetahuinya, yah Elementary Os adalah Distro Linux yang memiliki tampilan yang Elegan dan sejuk dimata, Elementary Os  juga memiliki Kesamaan dengan tampilan gaya dari Sistem Operasi Milik Macbook atau Mac Os.

Elementary Os  merupakan  Turunan atau Distro yang dibangun berdasarkan Arsitek Ubuntu tetapi yang membuat beda dengan Distro lainya adalah Elementary Os ini tidak memiliki banyak Aplikasi default ubuntu sehingga saat dijalankan pun akan terasa Lebih ringan.

Kelebihan Elementary Os :

  • Memiliki Tampilan seperti Mac Os.
  • Ringan Saat dijalankan.
  • Dan masih banyak lagi.


B. Distro Linux Untuk Ethical Hacking

Linux memang kerap kali disandingkan dengan seorang Ahli Komputer dan para Hacker maka tak heran bila ada Beberapa Distro linux yang memang dikhususkan untuk kebutuhan tersebut dan berikut beberapa Distro Linux yang sering digunakan untuk kebutuhan Ethical Hacking.


1.  Kali Linux


Distro Kali Linux

Kali Linux adalah Sistem Operasi Berbasis linux yang memiliki kegunaan khusus yang dimana Distro linux ini memiliki Banyak sekali Tools yang dapat digunakan untuk analisi skerentanan, alat eksploitasi, penetrasi dan  lain sebagainya.

Kebanyakan Orang menganggap Distro Linux yang satu erat sekali hubunganya dengan hacker atau seorang peretas namun sebenarnya tidak semuanya begitu.

Kelebihan Kali Linux :

  • Tersedia banyak sekali Tools .
  • Performa yang Stabil.
  • Sinkron dengan repository debian.
  • Tampilan dinamis sehingga nyaman untuk dipakai.
  • Dan masih banyak lagi lainya.

2. Backtrack Linux

Backtrack Linux adalah Sistem operasi linux yang banyak digunakan untuk kebutuhan Ethical hacking, Backtrack Linux adalah pendahulunya sistem operasi Kali Linux yang mungkin saat ini menjadi yang paling populer.

Backtrak awalnya dibuat dengan menggunakan arsitektur Slackware yang berbasi Knoppix dan Backtrack pada saat itu  memiliki banyak sekali Versi namun akhirnya untuk versi keempatnya dinamakan Kali Linux, dan untuk Kali Linux ini sendiri sudah menggunakan Debian sebagai Basisnya.

Kelebihan Backtrack Linux :
  • Tersedia banyak Sekali Tools Hacking.
  • Dan kelebihanya tidak berbeda jauh dengan Kali Linux.



C. Distro Linux Untuk Pemrograman dan Jaringan


1. Debian


Distro Linux Debian

Debian adalah satu Distro Linux yang juga sangat Populer digunakan untuk kebutuhan Pemrograman dan jaringan, Sistem operasi debian ini dikembangkan untuk seorang Programer yang ingin mengembangkan sistem operasi ini, dan Debian ini juga seringkali dikaitkan dengan pembangunan sebuah server.

Ada banyak sekali fitur yang ditawarkan dari sistem operasi debian ini, dan semua Programnya sudah teruji dengan baik.

Kelebihan Linux Debian :

  • Sistem Operasi yang Stabil, tidak mudah Hang walau dinyalakan Non-stop berbulan-bulan.
  • Memiliki Sejumlah paket Besar.
  • Sistem operasi Open Source, Sehingga semua daftar program dalamnya bisa dilihat dan rubah tanpa ada larangan.
  • Sistem Operasi yang Free sehingga dapat disebar Luaskan.


D. Distro Linux Untuk Server 

Linux merupakan Pilihan Sistem Operasi yang sering digunakan sebagai Server, Linux dikenal memiliki Sistem yang Stabil dan tidak mudah Hang meskipun sudah dipakai atau dijalankan Berbulan-bulan Non-Stop.

1. CentOs Linux

Distro Linux Centos

Sistem operasi Berbasis Linux ini adalah Distro Linux yang dikhususkan untuk kebutuhan Server, CentOs dikenal memiliki Performa yang Stabil serta kinerjanya yang bagus, CentOs Linu adalah versi Gratis dari Red hat Enterprise Linux (RHEL) jadi dengan kata lain CentOs adalah sistem Operasi linux yang didukung oleh para komunitas Rhel.

Kelebihan CentOs Linux :
  • Versi Gratis dari Rhel.
  • Mendapat Dukungan yang Luas di Industri teknologi.
  • Dan sebagainya.

E. Distro Linux Untuk Game

Banyka Orang yang menganggap bahwa Sistem Operasi Linux itu tidak bisa dijalankan atau digunakan untuk bermain game, namun anggapan itu sama sekali salah karena saat ini sudah ada sistem operasi berbasis linux yang khusus dikembangkan untuk kebutuhan Gaming yang tentunya sistem operasi ini jauh lebih Stabil.

1. Steam Os

Distro Linux Steam os

Stema os adalah salah satu Sistem Operasi berbasis Linux yang dikembangkan untuk kebutuhan Gaming namun harus diakui banyak tak banyak juga Gamer yang beralih menggunakan Steam Os ini.

Steam Os ini dikembankan oleh sebuah perusahaan dibelakang paltfrom distribusi game online Steam, sistem operasi ini dirancang untuk memainkan game yang tersedian didalam Steam Store.

Kelebihan Steam Os :
  • Dibuat dan dirancang khusus untuk game.
  • Antar muka Grafis yang menarik.
  • Kompatibel dengan berbagai jenis Hardware game.


Kesimpulan

Sistem  Operasi berbasis Linux atau yang biasa kita sebut dengan Distro Linux memiliki fungsi dan kegunaan masing - masing, mulai dari untuk kebutuhan kerja sehari-hari, Penetration, Hacking, Programing, Server , Game dan Lain sebagainya, sehingga sistem Operasi linux lebih dikhususkna untuk kebutuhan sesuatu.

Dan jika kita ingin menginstall Salah satu Distro Linux pilihlah yang sesuai dan cocok untuk kebutuhan kita, Sebenarnya masih ada banyak sekali Jenis Distro-Distro Linux yang lain yang mungkin memiliki Fungsi dan kegunaan yang sama namun pada kesempatan kali ini saya hanya Bisa menuliskan beberapa saja.

Barangkali ada kesalahan atau yang kurang berkenan bisa disampaikan dengan baik pada kolom komentar.

Belum ada Komentar untuk "8 Distro Linux Terbaik Untuk Berbagai Jenis Kebutuhan Laptop Kamu"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel