Macam-Macam Aplikasi Adobe dan Fungsinya, Perlu Kamu Ketahui

Macam-Macam Adobe dan Fungsinya - Dalam benak kita mungkin sudah tidak asing lagi dengan aplikasi adobe beserta keluarganya yang sudah sangat terkenal sekali dan khususnya bagi yang menekuni dunia desain grafis, Adobe adalah nama sebuah perusahaan yag bergerak dalam bidang aplikasi/software desain grafis, Video editing, Animasi, pengembangan web dan masih banyak lagi.

Ada banyak sekali Produk yang ditawarkan oleh Adobe ini dan mungkin nama Adobe Photoshop adalah salah satu nama software yang sudah sangat familiar dengan kita, menurut saya hampir semua software yang dikeluarkan oleh adobe ini sangat user friendly dan sangat powerful sekali dengan berbagai macam fitu yang disediakan.

Dan pada kesempatan kali ini  saya akan mencoba memberikan ulasan dan kegunaanya dari  Macam Aplikasi Adobe ini sekaligus agar kita semua tahu tentang macam-macam dan fungsi dari masing-masing Aplikasi atau software yang dibuatnya.

Macam - Macam Adobe dan Fungsinya


Macam Aplikasi Adobe dan fungsinya

 
Seperti yang kita sebutkan diatas bahwa Adobe Collections ini memiliki banyak sekali aplikasi yang terdapat didalamnya seperti adobe Photoshop, Adobe Primere Pro dan lain sebagainya, dan berikut macam-macam software yang telah dikembangkan dan dikeluarkan oleh Adobe atau Adobe Collections.


1. Adobe Photoshop

Seperti yang sduah kita ketahui bersama salah aplikasi dari adobe yang paling populer adalah adobe Photoshop, adobe Photoshop adalah software yang digunakan untuk keperluan editing gambar atau foto secara profesional seperti memodifikasi, memanipulasi objek.

Adobe Photoshop ini memiliki banyak sekali versi yang secara rutin update setiap tahunnya, dan yang terbaru saat ini adalah Adobe Photoshop CC 2019.

 2. Adobe Premiere Pro

Selanjutnya Produk dari Adobe yang tidak kalah populer dan terkenal lainya adalah Adobe Premiere Pro yang mana Aplikasi ini memiliki fungsi sebagai Software Editing Video, Adobe Premiere Pro sangat banyak digunakan oleh banyak orang karena Software ini banyak memiliki fitur yang mana akan membuat video yang dihasilkan jauh terlihat bagus dan Profesional tentunya.

Selain itu Adobe Premiere pro juga mendukung beberapa jenis video dan juga terdapat banyak Plug in yang akan membuat hasil video kita lebih menarik, untuk versi terbaru dari Adobe Premiere Pro saat ini adalah versi Adobe Premiere Pro CC 2019.

3. Adobe After effect  

Adobe After effect adalah Software yang dibuat khusus untuk pembuatan video dan film yang mana video atau film tersebut membutuhkan efek khusus didalamnya, Adobe After effect ini sudah sangat dikenal oleh para Kreator film, dan banyak sekali film-film spektakuler yang berhasil dibuat dan diberi efek dengan menggunakan Software ini juga.


4. Adobe Audition.
Sebagian dari kita mungkin sudah pernah mendengar software ini dan sebagian juga mungkin belum mendengar sama sekali, yah Adobe Audition adalah software yang dirancang khusus untuk keperluan editing pada file multimedia khususnya Audio/suara.

Dengan Adobe Audition ini kita bisa merekam suara kita kemudian kita juga bisa memperbaiki kualitas suara, mengubah agar lebih berat atau jernih, menambahkan efek dan sebagainya, selain itu kita juga bisa menggabung beberapa Track suara tadi agar menjadi satu track dan menyimpanya dalam berbagai jenis format.

5. Adobe Ilustrator

Adobe Ilustrator adalah software untuk keperluan desain atau gambar vektor, Adobe Ilutrator berbeda sekali dengan Adobe Photoshop yang mana pada aplikasi ini kita bisa membuat desain Vektor yang mana jika di zoom gambarnya tidak akan pecah.

Adobe Photohop merupakan aplikasi pengolah gambar atau bitmap sedangkan untuk adobe ilustrator ini dikhususkan untuk desain vektor, soal tampilan kedua software ini hampir sama namun secara fungsinya berbeda.

6. Adobe Dreamweaver

Selanjutnya ada nama Adobe Dreamweaver yang mana fungsi dan keperluan dari software ini adalah untuk membuat atau mengedit suatu halaman pada sebuah webiste, software ini banyak digunakan oleh para pembuat dan pengembang web karena banyak sekali fitur-fitur menarik didalamnya.


7. Adobe Acrobat 

Adobe Acobat adalah software yang berfungsi untuk membuat dan membaca file atau dokumen yang memiliki format .PDF atau Portable Document Format, Selain untuk mebuat dan membaca file Pdf dengan menggunakan Adobe Acrobat juga bisa  kita bisa mengubah atau mengkonversi file dengan format. pdf menjadi Office.

8. Adobe Flash

Mungkin dari kita sering melihat Software yang satu ini namun sebagian dari kita juga tidak mengetahui apa sih fungsi dari adobe Flash ini, Adobe Flash adalah Aplikasi yang dirancang untuk membuat dan mengedit Animasi untuk keperluan pembangunan dan pengembangan web yang dinamis.
Selain untuk membuat animasi ternyata Adobe Flash Player juga mempunyai fungsi dan digunakan untuk memutar video yang beredar di Internet.

9. Adobe InDesign
Adobe Indesign adalah software yang memiliki fungsi dalam editing khususnya untuk masalah Layouting, Adobe Indesign ini banyak digunakan untuk keperluan layout pada beberapa media seperti koran, majalah dan sebagainya.

10. Adobe InCopy

Adobe Incopy adalah aplikasi pengolah kata yang telah terintegrasi dengan software Adobe InDesign, jika Adobe Indesign digunkan untuk kepeluan layouting pada majalah atau koran berbeda hal halnya dengan adobe Incopy ini yang digunakan untuk keperluan pengolah kata umum, dan dengan Adobe Incopy ini pengguna dapat melakukan Pengeditan, menulis dan merancang dokumen.

11. Adobe Photoshop Lighroom

Mungkin dari kita masih bingung dengan perbedaan antara Adobe Photoshop lightroom dengan Adobe Photoshop, yah secara nama dan fungsi mungkin hampir sama antara kedua software ini namun secara kegunaanya kedua software ini memiliki guna yang berbeda.

Kita sama-sama tahu jika kedua software ini bisa digunakan untuk Retouch foto tetapi pada adobe Lightroom lebih dikhusukan untuk retoucing foto seperti tone dan warna dan fiturnya pun jauh lebih mudah daripada adobe Photoshop.

Kesimpulan :

Dan masih banyak lagi Software yang telah dikeluarkan oleh Adobe ini atau yangs sering kita sebut dengan keluarga adobe (Adobe Collections), tetapi karena beberapa dari software tersebut memliki fungsi yang tidak jauh berbeda maka saya hanya menuliskannya hanya beberapa saja.

Dan itulah Artikel yang dapat saya sampaikan tentang Macam-Macam Software Adobe dan Fungsinya dan semog pada kesempatan berikutnya saya kan mencoba menulisnya lebih lengkap lagi.

Belum ada Komentar untuk "Macam-Macam Aplikasi Adobe dan Fungsinya, Perlu Kamu Ketahui"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel