Pengertian VPN adalah : Beserta Fungsi, Manfaat, Kekurangan dan Cara Kerjanya

Apa itu VPN Adalah dan apa Fungsinya - Sebagian dari kita mungkin sering mendengar kata VPN namun apakah kita tahu apa pengertian dari VPN itu sendiri serta apa fungsi dari si VPN, Pengertian VPN adalah atau Virtual Private Network  adalah suatu koneksi antar jaringan satu ke jaringan yang lainnya secara Privat atau Pribadi melalui jaringan Publik (Internet).

Pengertian VPN
Gambar oleh Stefan Coders dari Pixabay

Dalam hal ini kita bisa mengetahui makna dari kata Pengertian VPN (virtual Prvate Network) ini :

Virtual : Virtual adalah sebuah kata yang menggambarkan keadaan yang tidak nyata atau semu seperti Internet dan sebagainya.

Private : Private adalah hal yang bersifar pribadi atau khusus dan hanya bisa diakses oleh beberapa orang saja(tidak sembarang) dan Agar Data yang dikirimkan tetap Aman maka data terenkripsi.

Network : Jaringan koneksi Komputer yang saling terhubung.

Jadi dengan sedikit penjelasan diatas kita sudah bisa memahami makna dan pengertian dari VPN (virtual Prvate Network) yaitu Hubungan atau Koneksi yang terjadi secara Virtual pada sebuah jaringan tertentu tanpa adanya koneksi riil yang terjadi atau private network.


Cara Kerja Dari VPN secara UMUM

Cara Kerja VPN (virtual Prvate Network) itu sendiri adalah dengan membuat Tunneling atau yang biasa disebut dengan membuat Jaringan didalam Jaringan, Tunneling  ini bertujuan atau berfungsi membuat jaringan Privat dengan memanfaatkan infrastruktur  jaringan lain atau pihak ketiga.
Cara Kerja Dari VPN
Gambar oleh Stefan Coders dari Pixabay

Sebagai contoh ketika ketika menggunakan Komputer yang tidak menggunakan Vpn dan ketika kita sedang mengakses suatu webiste dalam internet maka kita akan terhubung dengan ISP (Internet Service provider) dan seketika itu pula semua Trafik Data permintaan Tersebut akan diketahui oleh pihak ISP.

Dan Berbeda halnya ketika kita memakai komputer yang telah menggunakanVPN saat mengakses Internet, dimana semua Trafik data permintaan akan di enkripsi sehingga hanya pengguna Server VPN lah yang mengetahui situs atau aktifitas yang dilakukannya.

Dengan ini maka dengan menggunakan VPN maka :
  • Alamat IP : Alamat IP yang terlihat hanya alamat dari Server VPN.
  • ISP tidak akan mengetahui segala aktifitas Pengguna VPN didalam Internet.
  • Penggunaan Hotspot Wifi publik akan menjadi lebih Aman karena datanya telah Terenkripsi.
  • Dan ketika mennggunakan VPN maka sang Provider VPN tersebut akan melihat segala Aktifitas Penggunanya.

Manfaat Dari VPN Secara UMUM

Setelah kita memahami dan mengerti dari pengertian dan cara kerja dari VPN ini maka selanjutnya kita juga harus mengetahui tentang Manfaat dari Penggunaan VPN ini,  Secara Umum manfaat dari VPN ini adalah guna mengamankan atau semua Transmisi data dari komputer atau Gadget pribadi sehingga akan aman dari pihak yang tidak diinginkan.

Baca Juga : Manfaat Dan Kelemahan jaringan Komputer 

Beberapa Manfaat menggunakan VPN :
  • Ketika menggunakan VPN pengguna akan mendapatkan Privasi ketika sedang beselancar didalam Internet dengan menggunakan fitur menyembunyikan Aktifitas dari ISP, dan ketika menggunakan VPN maka Pengguna dapat menyembunyikan alamt IP mereka sehingga pihak lain tidak akan mengetahui letak geografis kita.
  • Penggunaan Hotspot Wifi publik akan menjadi lebih Aman karena datanya telah Terenkripsi. 
  • Dengan Menggunakan VPN para pengguna dapat melakukan Remote Acces atau mengakses jaringan komputer atau yang ada dikantor dan tempat mana saja melalui jaringan internet.

Keuntungan Dan Kerugian dari VPN (Virtual Private Network)
 
Setelah kita mengetahui tentang pengertian, Cara kerja dan Manfaat dari VPN ini maka selanjutnya kita juga perlu mengetahui tentang Kentungan beserta kerugian yang didapat dari pengguaan VPN ini agar kita semakin mantap dan paham dengan sistem dari VPN ini.

Kentungan / Manfaat :
  • Dengan adanya VPN tentu akan sangat menambah keamanan jaringan pada sebuah Perusahaan yang membutuhkan sebuah jaringan yang Khusus.
  • Dengan Menggunakan VPN para pekerja akan sangat terbantu dan mobilitas perusahaan akan lebih baik dimana semua pekerja dapat terhubung dengan jaringan kantor melalui perangkat pribadi walaupun sedang dirumah.

Kerugian :
  • Ketika sebuah perusahaan memberika akses pada pekerjanya secara luas maka faktor keamaan menjadi hal perlu diperhatikan karena dengan akses yang luas ini Data sensistif atau penting perusahaan rawan diakses.
  • Menggunaakan VPN sangat diperlukan perhatian ekstra dalam penerapan keamaanan sistem VPN.

 Kesimpulan

VPN adalah Sistem yang memberikan kepada penggunanya untuk bisa menyembunyikan alamat IP, Trafik data Permintaan dan sebagainya dari ISP sehingga jaringan yang dipakai pun akan menjadi Private atau Pribadi dan Hanya pengguna VPN dan server nya saja yang mengetahui segala aktifitas yang dilakukanya.

Selain memiliki banyak sekali manfaat dari penggunaan VPN seperti memberikan Remote Acces, Privacy, dan sebagainya namun dalam dunia IT ini tidak ada yang benar-benar aman, setiap kelebihan pasti terdapat kekurangan didalamnya.

Dan cukup sekian artikel Tentang Pengertian VPN adalah : Beserta Fungsi, Manfaat, Kekurangan dan Cara Kerjanya yang dapat saya sampaikan apabila ada yang ingin dismpaikan bisa dituliskan pada kolom komentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel