Tips dan Persiapan Sebelum Interview Kerja, Penting !!

Tips Sebelum Interview Kerja - Interview atau tes wawancara merupakan salah satu syarat atau tahapan bilamana kita ingin melamar suatu pekerjaan dan sebagainya, Interview dilakukan biasanya setelah calon karyawan telah berhasil lolos pada tahap sebelumnya.

Setelah lolos pada tahap sebelumnya pelamar akan dimintai untuk mengikuti interview, nah pada tahap ini kita akan berhadapan langsung dengan HRD secara empat mata,  Seorang HRD akan memberikan Beberapa Pertanyaan dan meminta penjelasan dari pelamar tersebut.

Nah Proses interview ini memang cukup singkat waktunya namun membutuhkan persiapan yang cukup matang untuk menghadapinya, lantas apa saja persiapannya mari kita ulas apa saja sih Tips Sebelum Interview  ?


Persiapan dan Tips Sebelum Mengikuti Interview Esok Hari

Tips Sebelum Interview supaya lolos
Gambar oleh Tumisu dari Pixabay

Sebelum menghadapi sebuah Interview ada baiknya kita mempersiapkan beberapa hal agar  kita tidak kebingungan dan gugup nantinya dan berikut adalah beberapa Tips dan sebelum Interview.



1. Cek Kembali Lokasi Perusahaan

Sebelum berangkat untuk tes interview alangkah baiknya kita untuk Menge-Cek kembali Lokasi perusahaan tersebut,  walaupun kita sudah  agak paham lokasinya cek kembali lokasi sangat penting sekali dilakukan, Hal ini untuk meminimalisir anda tersesat dijalan dan anda juga bisa berangkat lebih awal agar nantinya tidak terlambat mengikuti Proses Interview ini.


2. Pelajari Deskripsi Singkat Perusahaan

Melamar kerja di perusahaan tentunya kita juga harus paham tentang seluk beluk perusahaanya tersebut paling tidak tau sedikit tentang perusahaan yang kita lamar itu,  seperti Bergerak dibidang apa dan sebagainya, Anda bisa mencari informasi ini dimana saja baik itu via Website, Sosial Media, Kerabat dan sebagainya, hal ini berguna agar anda tahu kedepanya anda akan bekerja diperusahaan yang seperti apa.


3. Berlatih Menjawab dengan Baik


Selama Proses interview ini berlangsung anda akan dicecar oleh berbagai pertanyaan dan dimintai penjelasan oleh  sang HRD,  Salah satu hal yang sering ditanyakan oleh HRD adalah mengenai data diri atau kepribadian diri pelamarnya, jadi persiakanlah dan berlatih menjawab pertanyaan dengan baik, usahakan untuk tetap tenang dan fokus ketika menjawab.


4. Persiapkan Baju yang akan Dipakai

Dalam Proses Interview ada banyak sekali aspek yang akan dinilai oleh sang HRD, yaitu mulai dari penampilan, sikap, dan sebagainya, maka dari itu penting bagi kita untuk mempersiapkanya semaksimal mungkinPenampilan yang baik dan sopan tentu akan menarik perhatian HRD, jadi persiapkanlah Pakaian yang akan dikenakan nanti.


5. Cek kembali Kelengkapan Lamaran dan Dokumen pendukung

Ketika Proses Interview HRD akan memeriksa semua Berkas lamaran yang kita bawa, kurang satu dokumen saja bisa sangat berpengaruh terhadap penilaian sang HRD, Selain itu HRD juga akan menanyakan terkait dengan dokumen tersebut, maka sehari sebelum Interview dilaksanakan usahakan untuk mengecek semua berkas dokumen kita pastikan semuanya tersusun rapih, lengkap sesuai dengan yang dibutuhkan.


6. Tidur Lebih Awal

Jika esok harinya akan dilaksanakan tes Interview maka sebaiknya kita tidur lebih awal, hal Ini agar kita bisa bangun lebih awal dan tentunya kita bisa berangkat lebih cepat supaya resiko terlambat bisa diatasi, Sebab jika kita terlambat dalam mengikuti proses Interview ini kita sudah dinilai kurang baik dan kurang disiplin maka sebaiknya kita datang lebih awal ketika akan mengikuti Interview kalau bisa 30 menit sebelumnya sudah berada dilokasi Tes.


7. Perbanyak Berdo'a

Dan yang persiapan yang terakhir adalah kita memperbanyak Berdoa kepada Allah Swt, kita memohon agar selalu dimudahkan dalam proses interview ini dan dilancarkan supaya kita bisa langsung mendapatkan sebuah pekerjaan, Dengan Berdo'a juga dapat membuat pikiran dan hati kita jauh lebih santai dan tenang sehingga kita dapat dengan mudah menjawab pertanyaan dari HRD.


Dan itulah tadi beberapa Tips Persiapan Sebelum mengikuti atau menghadapai Interview,  seperti yang kita ketahui Proses Interview ini cukup sulit karena dilakukan langsung secara empat mata, tetapi kita semua pasti bisa menjalaninya, Salam Amplop Coklat.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel